Mengapa Bahasa Daerah Terancam Punah?

Saat seseorang berpindah, mereka tak lagi menggunakan bahasa daerah. ‘Dengan mobilitas itu kemudian bahasa daerah mati dengan sendirinya,’ terang dia. Selanjutnya, kata dia, terancam punahnya bahasa daerah disebabkan adanya perkawinan beda etnis.
‘Penyebab utamanya adalah penutur jatinya tidak lagi menggunakan bahasa daerah tersebut dan tidak mewariskan ke generasi tersebut, sehingga otomatis akan hilang,’ katanya dalam sebuah webinar, dikutip dari YouTube Kemendikbud RI, Selasa (22/2/2022).

Apa yang menyebabkan bahasa daerah punah, nyaris punah atau terancam dari kepunahan?

Dalam konteks Indonesia, ada beberapa faktor mendasar yang menyebabkan berbagai bahasa daerah itu punah, nyaris punah, atau terancam dari kepunahan. Salah satunya adalah nasionalisasi bahasa Indonesia.

Apakah bahasa jawa terancam punah?

Kemana sisanya? Sebagian sudah musnah, dan beberapa terancam punah. Bahasa-bahasa yang telah dan terancam punah itu kebanyakan berada di luar pulau Jawa, seperti di Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dsb. Bahkan bahasa Sunda yang notabene berada di pulau Jawa pun kini terancam puncah. Miris memang, tapi inilah faktanya.

You might be interested:  Mengapa Pada Tanggal 10 November Diperingati Sebagai Hari Pahlawan?

Apa penyebab punahnya bahasa daerah?

Merosotnya jumlah penutur bahasa daerah juga menjadi faktor penting penyebab punahnya bahasa daerah tersebut. Banyak bahasa daerah yang kehilangan para penuturnya seiring pergantian generasi. Sedangkan generasi muda penerusnya tidak lagi memiliki kepedulian atau loyalitas terhadap bahasa leluhur mereka. Misalnya di Jawa.

Mengapa bahasa daerah sekarang terancam punah?

Sebagian besar dari 718 bahasa daerah di Indonesia kini kondisinya terancam punah dan kritis, hal tersebut terjadi karena saat ini para penutur jati bahasa daerah banyak yang tidak lagi menggunakan dan mewariskan bahasa ke generasi berikutnya, sehingga khazanah kekayaan budaya, pemikiran, dan pengetahuan akan bahasa

Apa saja penyebab punahnya bahasa daerah di Indonesia brainly?

Jawaban

  • Akibat penutur bahasa tersebut didominasi orang tua,
  • Bahasa tersebut terkukung di wilayah pedesaan,
  • Adanya pendominasian bahasa,
  • Adanya gejala sosial, pengaruh media masa,
  • Minimnya upaya pemertahanan, dan adanya kegiatan budaya baru yang berlanjut.
  • Mengapa bahasa daerah di Indonesia beragam?

    Karena, Indonesia memiliki banyak provinsi dimana dalam setiap provinsi terbagi menjadi beberapa daerah sehingga memiliki ragam bahasa di masing-masing daerah.

    Mengapa orang yang berbeda bahasa daerah dalam berkomunikasi dengan bahasa Indonesia?

    Beberapa bahasa daerah yang ada di Indonesia memang berasal dari suku Austronesia. Namun, bahasa di setiap suku dan daerah selalu berubah dari waktu ke waktu. Nah, perubahan itulah yang membuat bahasa di setiap daerah berbeda.

    Mengapa bahasa di dunia ini berbeda?

    Sedangkan bahasa yang beraneka ragam dan berbeda-beda di setiap negara disebabkan oleh isolasi budaya yang terjadi di zaman nenek moyang manusia. Saat itu, nenek moyang kita melakukan migrasi ke berbagai negara di dunia untuk mencari sumber makanan.

    You might be interested:  Mengapa Kita Tidak Boleh Terlalu Gembira Dan Bersedih?

    Mengapa bahasa Indonesia yang baik dan benar berbeda dengan bahasa sehari hari?

    Karena pada kenyataannya bahasa Indonesia yang dipraktekkan dalam komunikasi sehari-hari berbeda dengan bahasa Indonesia yang “baik dan benar.”

    Mengapa kita harus menggunakan bahasa yang baik dan sopan saat berkomunikasi?

    agar orang yg kita ajak komunikasi,mudah dipahami,dimengerti,dan terlihat jelas serta sopan.jadinya org yg sdg berkomunikasi dengan kita tidak marah karena etika kita saat berkomunikasi tidak ada.

    Apa yang membedakan bahasa suatu daerah dengan daerah lainnya?

    Jawaban. Jawaban: Yang membedakan bahasa suatu daerah dengan daerah lainnya adalah cara berbicaranya (aksen, dialek, intonasi), makna setiap kata, daerah yang mempergunakannya, dan ekspresi dalam penggunaanya.

    Mengapa bahasa Indonesia paling banyak digunakan sebagai bahasa sehari hari di Jakarta?

    Hal demikian terjadi karena Jakarta adalah tempat bertemunya berbagai suku bangsa. Namun, untuk berkomunikasi antar suku bangsa, digunakan Bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan.