Mengapa Bahasa Melayu Menjadi Bahasa Nusantara?

Bahasa Melayu berkerabat dengan Bahasa Nusantara lainnya. Puncak dan pernyataan bahwa Bahasa Melayu dijadikan sebagai bahasa persatuan bangsa adalah diikrarkannya sumpah pemuda di Jakarta, yang dicetuskan oleh para pemuda dari berbagai penjuru nusantara, pada saat itulah lahir Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Nusantara.
Berikut ini beberapa alasan mengapa bahasa Melayu yang dijadikan dasar lagirnya bahasa Indonesia: Bahasa Melayu selama berabad-abad sebelumnya telah digunakan sebagai lingua franca (bahasa perhubungan) di seluruh kawasan tanah air kita (Nusantara). Bahasa Melayu mempunyai sistem yang sederhana.

Mengapa bahasamelayu mulai terpecah menjadi bahasa Indonesia?

Bahasa Melayu mulai terpecah sekitar abad 19, menjadi bahasa Indonesia yang waktu itu sebagai Bangsa Hindia Belanda dan Persekutuan Tanah Melayu yang sekarang menjadi Malaysia. Bahasa Melayu dinilai sebagai bahasa yang sedehana dan fleksibel, serta bisa diterima masyarakat sekitar, yaitu suku Jawa dan Sunda.

You might be interested:  Mengapa Kebutuhan Gizi Sudah Harus Terpenuhi Sejak Kita Masih Anak-Anak?

Apa itu bahasamelayu?

Dewantara – Menurut Kridalaksana (1991), Bahasa Melayu adalah salah satu anggota dari keluarga bahasa Austronesia, yakni kumpulan bahasa-bahasa yang mempunyai hubungan genetik dan terdiri atas lebih dari 800 bahasa, dituturkan mulai dari Madagaskar di barat sampai Pulau Paskah di timur, dan dari Taiwan di utara sampai Selandia Baru di Selatan.

Apa yang dimaksud dengan bahasa Melayu?

Bahasa melayu yang merupakan turunan bahasa Austronesian Purba, dimulai sebagai satu dari beberapa varian bahasa yang saling berhubungan erat dan digunakan di Kalimantan Barat, kurang lebih dua juta tahun yang lalu.

Apa saja negara yang menggunakan bahasamelayu?

Selain di negara yang disebut sebelumnya, bahasa Melayu dituturkan pula di Afrika Selatan, Sri Lanka, Thailand Selatan, Filipina selatan, Myanmar selatan, sebagian kecil Kamboja, hingga Papua Nugini. Bahasa ini juga dituturkan oleh penduduk Pulau Natal dan Kepulauan Cocos, yang menjadi bagian Australia.

Kenapa bahasa Melayu menjadi dasar dari bahasa Indonesia?

Dapat ditarik kesimpulan bahwa Bahasa Melayu diangkat menjadi bahasa Indonesia karena bahasa Melayu telah digunakan sebagai bahasa pergaulan (Lingua Franca) di Nusantara. Sistem bahasa Melayu sederhana, mudah dipelajari karena dalam bahasa Melayu tidak dikenal tingkatan bahasa (bahasa kasar dan bahasa halus).

Mengapa bahasa Melayu dijadikan dasar bahasa Indonesia brainly?

Mengapa bahasa Melayu menjadi dasar lahirnya bahasa Indonesia brainly? Jawaban. bahasa melayu dipilih sebagai bahasa Indonesia karena bahasa ini sudah menjadi lingua franca atau bahasa pengantar di wilayah Indonesia dan Asia Tenggara sejak ribuan tahun lalu.

Mengapa bahasa Melayu menjadi rintisan bahasa Indonesia yang digunakan dan disepakati masyarakat bukan bahasa Jawa Sunda atau bahasa lain yang ada di Indonesia?

Alasan dipilihnya bahasa Melayu sebagai bahasa resmi bukan bahasa Jawa yaitu: (1) suasana kesetiakawanan di antara para cendekia pada konggres pemuda tanggal 28 Oktober 1928, (2) bahasa Melayu merupakan lingua franca ‘bahasa perdagangan, alat komunikasi antarorang yang melintas batas sukunya, media penyiaran agama’, (3

You might be interested:  Mengapa Bagian Pedalaman Benua Lebih Rendah Kepadatan?

Mengapa bahasa Indonesia atau bahasa Melayu memegang peranan penting bagi penyebaran agama agama di Indonesia?

Karena bahasa Indonesia digunakan untuk menyampaikan informasi secara tertulis maupun secara lisan saat menyebarkan agama di Indonesia. Karena bahasa Indonesia,sebagai alat penghubung dalam berkomunikasi dalam menyebarkan agama.

Mengapakah bahasa Melayu dijadikan dasar bahasa Indonesia bukan bahasa Jawa atau bahasa Bali?

Bahasa Melayu dijadikan sebagai dasar bahasa Indonesia karena sebelum merdeka, sebagian masyarakat telah akrab dengan bahasa Melayu, dan hal ini berkaitan dengan latar belakang historis yang sangat kuat di Nusantara.

Kenapa di Indonesia tidak memakai bahasa Jawa?

Alasan mengapa bukan bahasa Jawa yang menjadi bahasa nasional padahal jumlah penutur bahasa ini banyak, yakni: Sulit dipelajari mereka yang bukan dari suku Jawa. Terdapat tingkatan dari Ngoko, Kromo, sampai Kromo Inggil. Dituliskan tidak dengan huruf latin tapi dengan Hanacaraka atau Aksara Jawa.

Faktor apa saja yang membuat bahasa Melayu saat ini berbeda dengan bahasa Indonesia saat ini?

Perbedaan latar belakang sejarah, politik, dan perlakuan yang berbeda menyebabkan munculnya perbedaan tata bahasa, peristilahan dan kosakata, pengucapan, serta tekanan kata pada dua bentuk standar modern yang sekarang dipakai.

Mengapa bahasa Melayu Riau mengalami masa kejayaan sehingga terpilih menjadi bahasa Indonesia?

Bahasa Melayu Riau mengalami perkembangan yang sangat pesat. Hal ini disebabkan oleh masyarakat pribumi yang bersifat multi-etnik yang mempunyai bahasa daerah sendiri-sendiri.

Mengapa bahasa Melayu dengan cepat berkembang sebagai bahasa internasional dalam hubungan niaga di wilayah Asia Tenggara?

Karena letak Melayu (Negeri-negeri penduduk yang mempergunakan Bahasa Melayu) di bagian barat menjadi pusat lalu lintas, sejak mulanya bahasa itulah yang dipergunakan dalam perhubungan, baik sesama penduduk Nusantara maupun setelah ada hubungan dagang dan kebudayaan dengan bangsa asing.

You might be interested:  Mengapa Olahraga Penting Bagi Tubuh?

Apa kaitan bahasa Melayu dengan sejarah adanya bahasa Indonesia?

Bahasa Melayu Sebagai Dasar Bahasa Indonesia

Sejarah Bahasa Indonesia sangat erat kaitannya dengan bahasa Melayu. Sejak dulu, bahasa Melayu merupakan bahasa yang digunakan sebagai bahasa perantara atau pergaulan. Sehingga dasar bahasa Indonesia berasal dari bahasa Melayu.