Mengapa Bangsa Barat Melakukan Penjelajahan Di Samudra?

Jawaban. bangsa Barat melakukan penjelajahan samudera supaya bisa mendapat akses langsung terhadap wilayah penghasil rempah-rempah.

Kapan bangsa Barat mulai melakukan penjelajahan samudra?

Kapan bangsa Barat mulai melakukan penjelajahan samudra? Jawaban : Mereka mulai melakukan penjelajahan samudra pada tahun 1511. Mulai akhir abad XV, bangsa Eropa berusaha melakukan penjelajahan samudra. Bangsa Eropa yang pernah melakukan penjelajahan dan penjajahan di Indonesia dimulai oleh bangsa Portugis.

Mengapa Barat melakukan penjelajahan samudra?

Jawaban mengapa bangsa barat melakukan penjelajahan samudra adalah untuk mencari harta dan menaklukkan daerah baru. Adapun penjelasannya akan dibahas secara lengkap pada artikel ini untuk menjawab setiap pertanyaan dari para siswa terutama pertanyaan tentang mengapa barat melakukan penjelajahan samudera.

Siapa yang pertama kali melakukan penjelajahan samudra?

Ada banyak rute perjalanan laut yang berhasil dibuat dari ekspedisi yang dilakukan oleh dua bangsa tersebut. Bangsa yang pertama kali melakukan penjelajahan samudra adalah bangsa Portugis pada tahun 1486 di bawah pimpinan Bartholomeus Diaz.

Apakah bangsa Barat merupakan pelopor ekspedisi penjelajahan samudra?

Sebagaimana yang telah kita ketahui bahwa bangsa barat merupakan pelopor ekspedisi penjelajahan samudra pada masa pertengahan abad ke-15. Dua negara yang sangat terkenal memiliki pelaut handal dalam mengarungi samudra adalah Spanyol dan Portugis.

You might be interested:  Mengapa Jaringan Meristem Menjadi Pusat Pertumbuhan?

Mengapa bangsa Barat melakukan penjelasan samudra?

Jawaban: Ingin menguasai negara penghasil rempah-rempah.

Mengapa bangsa Barat melakukan penjelajahan samudra menurut brainly?

Jawaban: Bangsa Barat melakukan penjelajahan samudra karena faktor mencari kekayaan (gold), menyebarkan agama (gospel), dan mencari kejayaan (glory) serta berkembangnya ilmu pengetahuan teknologi terutama pembuatan kapal dan penemuan kompas yang mampu menjelajahi samudra.

Mengapa bangsa Barat melakukan penjelajahan samudra tema 7 kelas 5?

Kunci Jawaban Kelas 5 SD MI Tema 7 Subtema 1 Halaman 6, Mengapa Bangsa Barat Melakukan Penjelajahan Samudra? samudra? Untuk mencari rempah-rempah yang berharga tinggi, menyebarkan agama, dan memperoleh kejayaan. 6. Bagaimana kondisi rakyat yang mengalami penjajahan?

Mengapa bangsa Barat melakukan penjajahan terhadap bangsa Indonesia?

Selain mencari kekayaan dan tanah jajahan, bangsa Eropa juga membawa misi khusus. Misi khusus tersebut adalah menyebarkan agama kepada penduduk daerah yang dikuasainya. Tugas mereka ini dianggap sebagai tugas suci yang harus dilaksanakan ke seluruh dunia dan dipelopori oleh bangsa Portugis.

Faktor apa sajakah yang melatarbelakangi bangsa Barat melakukan penjajahan di Indonesia?

Penjajahan bangsa Barat terhadap Indonesia dilatarbelakangi oleh semangat 3G pasca jatuhnya Konstantinopel ke tangan Kesultanan Turki Utsmani. 3G merupakan perpaduan antara Gold, Glory, dan Gospel. Gold merupakan semangat untuk mencari kekayaan atau keuntungan, dalam hal ini upaya menguasai rempah-rempah di Indonesia.

Apa yang melatarbelakangi bangsa bangsa barat datang ke Indonesia?

Latar belakang kedatangan bangsa Barat ke Indonesia bukan tanpa sebab. Mereka melakukan penjelajahan samudra untuk menemukan dunia baru. Tidak hanya itu, tapi juga ingin menguasai untuk memperoleh keuntungan ekonomi dan politik. Salah satu wilayah penjelajahan bangsa Eropa sampai ke Indonesia.

Mengapa bangsa Barat melakukan penjelajahan samudra pada abad ke 15?

Bangsa barat melakukan penjelajahan Samudra untuk mencari kekayaan dari bangsa lain atau dengan cara mengambil sesuatu yang ekonomis seperti sumber daya alam yang ada pada bangsa lain. Hal ini bertujuan untuk membuat negara lain tersebut melakukan kerja sama dengan negara barat.