Mengapa Capung Berperan Penting Dalam Ekosistem?

Fungsi Capung bagi Ekosistem. Capung mempunyai peranan penting pada ekosistem persawahan karena merupakan serangga predator, baik dalam bentuk nimfa maupun dewasa. Mereka memangsa berbagai spesies serangga serta organisme lain termasuk serangga hama tanaman padi.
Salah satu peran capung adalah sebagai predator hama. Selain itu di dalam ekosistem capung juga dapat digunakan sebagai indikator pencemaran lingkungan. Apabila lingkungan tercemar maka siklus hidup capung akan terganggu dan akibatnya populasi capung akan menurun.

Berapa jumlah spesies capung di Indonesia?

Dari total 5.680 spesies capung di dunia, Indonesia memiliki 1.126 jenis capung yang termasuk dalam 18 suku dan 167 genera. Dari jumlah tersebut 433 jenis diantaranya termasuk capung biasa (anisoptera) dan 693 spesies termasuk capung jarum (zygoptera). Dengan demikian, seperlima (20%) spesies capung dunia hidup dan berbiak di Indonesia.

Bagaimana bentuk tubuh capung?

Berdasarkan bentuk tubuhnya, capung terbagi menjadi dua kelompok, yaitu capung biasa (dragonflies) dari subordo anisoptera dan capung jarum (damselflies) dari subordo zygoptera. Capung biasa memiliki mata majemuk yang besar dan letaknya sangat berdekatan di bagian depan kepala.

Apa manfaat dari capung?

Capung merupakan serangga yang berperan penting dalam keseimbangan ekosistem, berperan sebagai bioindikator dan predator. Sebagian besar fase hidupnya berada di air dalam bentuk larva. Beberapa jenis capung menempati tipe habitat perairan yang spesifik.

You might be interested:  Mengapa Makanan Tradisional Tersebut Disebut Bika Ambon?

Dimana banyak terdapat capung?

Habitat dan Kebiasaan

Capung dan capung jarum menyebar luas, di hutan-hutan, kebun, sawah, sungai dan danau, hingga ke pekarangan rumah dan lingkungan perkotaan. Ditemukan mulai dari tepi pantai hingga ketinggian lebih dari 3.000 m dpl.

Apakah capung bermanfaat bagi manusia?

Sebagai predator, capung berperan penting dalam keseimbangan ekosistem terutama dalam dunia pertanian karena ia memakan hama yang kadang mengganggu tanaman seperti kutu daun dan wereng. Selain itu, nyamuk juga salah satu serangga yang menjadi makanan capung.

Apakah capung berbahaya bagi manusia?

Untungnya, capung tidak bisa menggigit manusia, karena rahangnya tak cukup kuat untuk melukai kulit kita. Hanya ada beberapa jenis yang bisa menggigit kita, tapi capung hanya melakukannya sebagai strategi pertahanan diri. Hanya sedikit hewan yang menyamai kemampuan terbang capung yang spekatakuler.

Capung asalnya dari negara apa?

Capung pertama kali diteliti taksonominya oleh ilmuwan asal Denmark yaitu Johann Christian Fabricius. Dia terkenal karena sering meneliti taksonomi serangga berdasarkan bentuk mulutnya. Capung dimasukkan ke dalam ordo “Odonata”. Odonata berarti gigi.

Apakah capung mengalami metamorfosis tidak sempurna?

Daur Hidup Capung

Capung mengalami metamorfosis, namun termasuk jenis hewan dengan metamorfosis tidak sempurna. Proses metamorfosis tidak sempurna dimulai dari telur, lalu berubah menjadi nimfa, dan selanjutnya berubah menjadi hewan dewasa.

Hewan apa yang bermanfaat bagi manusia?

Sebagai ternak dan sumber makanan, misalnya susu dari sapi, daging dari babi, telur dari ayam. Sebagai alat transportasi manusia dan barang, misalnya kuda, keledai, gajah, anjing, dan unta.

Apa manfaat serangga bagi manusia?

Serangga juga merupakan sumber berbagai jenis obat-obatan, sumber protein yang banyak dikonsumsi manusia, dan merupakan bagian yang penting dalam rantai makanan. Bahan pakaian manusia yang lembut dan kuat, yatiu sutra, merupakan produk serangga.

You might be interested:  Mengapa Hari Pramuka Ditetapkan Pada Tanggal 14 Agustus?

Manfaat apa yang diberikan serangga untuk manusia?

Serangga mengandung vitamin dan zat gizi seperti B12, zat besi, mangan dan kalsium. Serangga pun kaya nutrisi dan rendah kalori. Sangat cocok bagi Anda yang sedang melakukan diet atau menghindari obesitas. Faktanya, serangga pun sangat baik untuk kesehatan usus dan pencernaan karena kaya akan serat prebiotik.

Apakah capung bisa menggigit orang?

Rahang capung bisa memangsa dan mencabik serangga kecil lain dalam waktu singkat. Namun, capung tidak bisa menggigit manusia, karena rahangnya tak cukup kuat untuk melukai kulit kita. Hanya ada beberapa jenis yang bisa menggigit kita, tapi capung hanya melakukannya sebagai strategi pertahanan diri.

Apa arti capung masuk kerumah?

Dari mitos yang beredar di masyarakat, capung masuk rumah pertanda akan kedatangan tamu. Baik Menurut itu capung masuk rumah terjadi pada siang atau malam hari secara tiba-tiba, siap-siap menerima tamu.

Apa aktivitas capung?

Aktivitas utama capung adalah terbang dan hinggap di atas permukaan tanaman air atau batu. Aktivitas capung dapat dipengaruhi oleh keberadaan air sungai, cuaca saat pengamatan, dan keberadaan tanaman air sebagai tempat hinggap.