Mengapa Dikatakan Laporan Hasil Observasi?

Mengapa Dikatakan Laporan hasil Observasi? Alasannya adalah karena teks laporan hasil observasi memuat klarifikasi tentang jenis objek tertentu sesuai dengan kriteria tertentu. Jadi, hasil observasi nantinya dapat bersifat lebih spesifik karena diklasifikasikan dalam jenis dan kriteria tertentu.
Jawaban. Jawaban: Teks laporan hasil observasi biasanya berisi fakta-fakta yang bisa dibuktikan secara ilmiah. Tujuan teks laporan hasil observasi adalah untuk memperinci, mengklasifikasi, dan memberi informasi faktual tentang orang, hewan, objek, atau fenomena.

Apa itu laporan hasil observasi?

Nah, laporan hasil observasi dapat berupa hasil riset secara mendalam tentang suatu benda, tumbuhan, hewan, sosial, budaya, atau ekosistem tertentu. Aku, yang mencoba mengamati gerak-gerik teman ambis sekelasku. (sumber: giphy.com)

Mengapa laporan hasil observasi disebut dokumentasi?

Informasi yang disampaikan, harus sesuai dengan fakta dan keadaan yang sebenarnya. Karenanya laporan hasil observasi disebut sebagai dokumentasi. Karena didalamnya terdapat berbagai data yang informatif terkait sesuatu yang diobservasi. Jika diperhatikan, seluruh penjelasan di atas tidak jauh berbeda dengan teks yang lainnya.

Mengapa hasil observasi bisa bersifat lebih spesifik?

Sehingga hasil observasi bisa bersifat lebih spesifik karena diklasifikasikan dalam jenis dan kriteria tertentu. Teks laporan hasil observasi dan teks klasifikasi memiliki tingkat kedalaman pembahasan yang sama, karena obyek dan pembahasannya harus spesifik. Contohnya pengamatan tentang ikan hiu.

Apakah informasi dalam Teks laporan hasil observasi bersifat faktual?

Oleh karena itu, informasi dalam teks laporan hasil observasi bersifat faktual. Seperti halnya mengidentifikasi informasi dalam berbagai jenis teks, informasi dalam teks laporan dapat dilakukan dengan mengetahui unsur-unsur apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, dan bagaimana.