Mengapa Globalisasi Menjadi Tantangan Tersendiri?

Mengapa globalisasi menjadi tantangan tersendiri untuk kita? Jawaban: Karena globalisasi dapat memperdaya kita jika tidak memiliki benteng untuk menghindari pengaruh negatifnya.
Alternatif jawaban: Globalisasi menjadi tantangan tersendiri untuk kita karena globalisasi dapat memperdaya kita jika tidak memiliki benteng untuk menghindari pengaruh negatifnya.

Mengapa globalisasi membawa banyak perubahan pada bangsa Indonesia?

Jawaban: Globalisasi membawa banyak perubahan pada bangsa Indonesia, pada bidang sosial, bidang budaya, bidang ekonomi, bahkan bidang teknologi. Dengan adanya globalisasi yang tidak hanya masuk pada negara kita saja, tentunya perubahan itu terjadi pada bangsa lain, akibatnya generasi yang bijak adalah pemenang dari tantangan globalisasi ini.

Apa yang harus kita lakukan untuk menghadapi era globalisasi jawab?

Jawaban: – Menyaring budaya asing sesuai dengan aturan atau panduan nilai, norma, dan keyakinan dalam agama. – Memahami nilai-nilai Pancasila dan kebangsaan dengan baik sehingga tercipta persatuan dan kesatuan. – Mencintai produk dalam negeri.

Mengapa globalisasi menjadi tantangan dalam menjaga integrasi nasional?

JELASKAN MENGAPA GLOBALISASI BISA MENJADI TANTANGAN DALAM MEWUJUDKAN INTEGRASI NASIONAL! JAWABAN: KARENA, GLOBALISASI TELAH MEMBAWA BANYAK PERUBAHAN, SEPERTI SIKAP DALAM PERBEDAAN. UNTUK MEWUJUDKAN INTEGRASI SOSIAL DIPERLUKAN SIKAP SALING MENGHARGAI, MENGHORMATI, WALAUPUN BERBEDA.

You might be interested:  Mengapa Poster Harus Menggunakan Media Gambar Yang Menarik?

Mengapa globalisasi dapat memengaruhi budaya bangsa?

Jawaban: Globalisasi dapat mempengaruhi budaya bangsa sebab globalisasi menyebabkan masuknya budaya asing dari luar. Budaya asing ini membuat budaya sendiri berubah bahkan dilupakan jika tidak memiliki benteng yang kuat.

Bagaimana cara kita untuk menghadapi era globalisasi ini dalam hal pendidikan?

Caraku Menghadapi Globalisasi di Bidang Pendidikan

  1. Semakin banyak situs-situs online yang memberikan informasi yang berkualitas untuk menambah wawasan dan ilmu.
  2. Sistem pembelajaran yang tidak harus selalu tatap muka.
  3. Semakin mudah untuk mengakses informasi yang diperlukan.

Apa tantangan dalam upaya menjaga integrasi nasional?

Dari tantangan-tantangan integrasi nasional dewasa ini yang dapat diidentifikasi, yaitu antara lain : 1) ketidakadilan; 2) penegakan hukum ; 3) eksploitasi; 4) aspirasi masyarakat yangtidak tersalur; 5) kesenjangan sosial ; 6) KKN (Korupsi, Kolusi dan Nepotisme); 7) diskriminasi; 8) kemiskinan; 9) keterasingan; Korupsi

Apa tantangan yang kita hadapi dalam Membangun Identitas Nasional di Era globalisasi?

Terdapat tantangan dalam mempertahankan identitas nasional di era globalisasi antara lain 1) hedonisme, 2) memudarnya sikap gotong royong, 3) memudarnya rasa nasionalisme dan patriotism dan 4) memudarnya sikap sopan santun.

Mengapa berita hoax yang beredar dapat membahayakan integrasi nasional?

Hal ini sangat membahayakan mengingat berita hoax dapat dengan mudahnya tersebar didunia maya atau ruang siber dan menyebabkan kesalahpahaman sehingga dapat memicu konflik dan keretakan integrasi bangsa Indonesia.

Bagaimana peranan pendidikan dalam era globalisasi?

Peran pendidikan pada era globalisasi antara lain ialah sebagai berikut ini : Kemampuan mengantisipasi, dengan ini maka pendidikan berusaha untuk menyiapkan anak didik untuk mengantisipasi perkembangan IPTEK yang begitu cepat.

Bagaimana globalisasi di bidang pendidikan?

Contoh Globalisasi di Bidang Pendidikan

You might be interested:  Mengapa Malin Ingin Merantau?

Contohnya seperti, terjadinya pertukaran pelajar yang dapat menguntungkan para pelajar untuk mendapatkan ilmu dan pengalaman yang lebih banyak lagi. Para siswa juga menemukan kemudahan mengakses internet untuk menunjang kegiatan belajar.

Bagaimana pengaruh globalisasi dalam bidang pendidikan?

Meningkatnya Kualitas Pendidikan

Akibat dari pesatnya arus globalisasi, metode pembelajaran yang awalnya bersifat sederhana kini berubah menjadi metode pendidikan berbasis teknologi. Kemajuan teknologi yang semakin canggih ternyata memberi dampak positif bagi peningkatan kualitas pendidikan.