Mengapa Indonesia Dijuluki Negara?

Mulai dari julukannya sebagai sebagai negara agraris, negara maritim dan lainnya. Julukan tersebut didapatkan Indonesia karena sumber daya alam yang terkandung di dalamnya melimpah dan dapat dimanfaatkan penuh oleh masyarakatnya sebagai kelangsungan hidupnya. Terbentang pulau dari Sabang sampai Marauke membuat Indonesia dikenal sebagai negara
Indonesia disebut negara maritim karena Alasan mengapa Indonesia disebut sebagai negara maritim adalah karena wilayah perairan di Indonesia lebih luas dari daratannya. Indonesia memiliki sekitar 17.499 pulau, bergaris pantai sepanjang 81.000 km (terpanjang kedua setelah Kanada).

Mengapa Indonesia dijuluki sebagai negara nyiur?

Mengingat Indonesia terdiri dari ribuan pulau, negara ini pun memiliki ribuan pantai dengan pemandangan indah dan memesona. Nah, dari sekian banyak pantai tersebut, sebagian besar adalah habitat bagi pertumbuhan pohon kelapa atau pohon nyiur, sehingga menjadikan Indonesia dijuluki sebagai Negara Nyiur.

Mengapa Indonesia dijuluki sebagai negara maritim?

TEMPO.CO, Jakarta – Siapa yang tak pernah mendengar bahwa Indonesia dijuluki sebagai negara maritim. Julukan ini melekat pada Indonesia karena sebagian besar wilayahnya adalah perairan. Maksud dari konsep negara maritim ini adalah negara yang luas wilayah perairannya lebih besar daripada luas daratan.

You might be interested:  Mengapa Kita Harus Bertawakal Kepada Allah Swt?

Mengapa negara Indonesia dijuluki sebagai Heaven of Earth?

Indonesia merupakan negara yang kaya akan keindahan alam dan sumber dayanya. Negara ini bahkan dijuluki sebagai Heaven of Earth atau surganya dunia. Hal ini karena negara Indonesia tak hanya memiliki alam yang indah, melainkan juga memiliki keanekaragaman hayati dan budaya. Indonesia juga disebut sebagai Paru-paru Dunia.

Mengapa Indonesia disebut negara kepulauan?

Indonesia merupakan negara yang disebut negara kepulauan. Hal ini karena Indonesia memiliki banyak pulau, mulai dari pulau besar hingga pulau-pulau kecil. Berikut beberapa alasan mengapa Indonesia disebut negara kepulauan: 1. Wilayah Laut yang Luas

Indonesia disebut negara apa?

Indonesia disebut sebagai negara maritim, karena memiliki wilayah perairan lebih luas daripada daratan. Selain itu, Indonesia punya kondisi geografis yang unik di antara negara di Asia Tenggara. Menurut sejarah Indonesia disebut sebagai negara maritim karena lokasi kepulauan menjadi jalur lalu lintas laut.

Mengapa negara kita disebut negara kepulauan?

Mengapa Indonesia disebut negara kepulauan jawabannya karena Indonesia adalah negara yang memiliki perairan yang luas. Hampir 2/3 wilayahnya merupakan lautan, antara pulau satu dengan pulau yang lain disatukan oleh laut.

Mengapa Indonesia disebut sebagai negara agraris dan negara maritim?

Negara maritim adalah negara yang berada dalam kawasan laut yang luas. Kawasan Indonesia terdiri dari 2/3 lautan, hal ini tentu menjadikan Indonesia disebut dengan negara maritim. Sedangkan agraris adalah segala aktivitas yang berkaitan dengan bidang pertanian.

Mengapa negara Indonesia disebut sebagai negara maritim brainly?

Secara pengertian, mengapa Indonesia disebut sebagai negara maritim karena merupakan negara kepulauan dengan luas wilayah daratan yang hampir sama dengan luasnya laut dan perairan.

You might be interested:  Ok Google Mengapa Allah Itu Al-Alim Sebutkan Bukti-Buktinya?

Apa yang disebut negara agraris?

Negara agraris merupakan negara penghasil bahan pangan dalam jumlah besar, seperti beras, jagung, kopi, teh, kakao, sayuran, buah-buahan, ikan, dan juga daging dari subsektor perikanan dan perternakan. Hal tersebut membuat negara agraris memiliki ketahanan pangan.

Mengapa Indonesia disebut sebagai zamrud khatulistiwa?

Indonesia juga mendapat julukan sebagai Zamrud Khatulistiwa. Julukan ini disematkan karena Indonesia tepat berada di garis khatulistiwa (ekuator). Selan itu, Indonesia juga dianugrahi keindahan serupa batu zamrud jika ditengok dari luar angkasa.

Mengapa Indonesia dikatakan sebagai negara kepulauan brainly?

Indonesia disebut sebagai negara kepulauan karena Indonesia terdiri dari banyak wilayah pulau dan kepulauan.

Mengapa Indonesia disebut sebagai negara kepulauan brainly?

Jumlahnya lebih dari 17.000 pulau. Secara sederhana, Indonesia disebut negara kepulauan karena wilayahnya terdiri dari banyak pulau.

Apa yang dimaksud dengan negara kepulauan itu?

Pengertian Negara Kepulauan

Pengertian negara kepulauan (Archipelagic State) berdasarkan UNCLOS 1982 (Ariticle 46) adalah: Gugusan pulau, termasuk bagian pulau, perairan diantaranya & wujud alamiah yang berhubungan erat satu sama lain.

Apa yang dimaksud dengan negara agraris dan maritim?

Istilah negara maritim dan negara agraris adalah menunjuk pada dua hal yang berbeda. Pengertian negara maritim adalah negara yang wilayah teritorialnya sebagian besar berupa lautan/perairan. Adapun pengertian dari negara agraris adalah negara yang profesi penduduknya mayoritas di bidang agraris atau pertanian.