Mengapa Jarum Kompas Tidak Tepat Menunjuk Arah Utara-Selatan?

Jarum kompas tidak tepat menunjukkan arah utara-selatan karena tolak-menolak dengan KUTUB MAGNET BUMI yang letaknya berimpitan (dengan sudut inklinasi tertentu) dengan KUTUB BUMI.

Mengapa jarum kompas selalu mengarah ke utara dan selatan saja?

Itulah sebabnya magnet yang ada pada jarum kompas akan selalu mengarah ke utara dan selatan. Demikian penjelasan mengenai artikel tentang Mengapa Jarum Kompas Selalu Menunjuk Arah Utara dan selatan saja.

Bagaimana arah yang ditunjuk oleh jarum kompas dengan arah utara bumi?

Arah yang ditunjuk oleh jarum kompas tidak tepat arah utara-selatan. Akan tetapi, jarum kompas tersebut agak menyimpang dari arah utara-selatan. Sudut yang dibentuk oleh kutub utara magnet jarum kompas dengan arah utara bumi disebut deklinasi.

Bagaimana arah yang ditunjuk oleh jarum kompas?

Arah yang ditunjuk oleh jarum kompas adalah arah utara dan selatan bumi. Hal ini disebabkan karena jarum kompas yang biasa kita pakai terbuat dari logam magnet. Lantas, mengapa kutub mampu menariknya? Hal ini terjadi, karena Bumi sendiri merupakan sebuah planet yang memiliki medan magnet sendiri.

Mengapa Kutub Utara selalu menunjuk ke arah utara?

Kutub utara selalu menunjuk ke arah utara. Hal itu disebabkan karena bumi adalah salah satu magnet terbesar, yang disebut pula magnetisme terestrial. Bagian utara bumi berkutub selatan, sedangkan bagian selatan bumi berkutub utara, berlawanan dengan jarum kompas.