Mengapa Kehidupan Etnis Dan Agama Masyarakat Di Kota Sangat Beragam?

​ Jawaban: Keragaman etnis dan agama di masyarakat perkotaan sangat tinggi karena banyaknya pendatang dari beragam daerah. Kota memiliki daya tarik ekonomi yang tinggi sehingga banyak dituju oleh masyarakat sebagai tempat melakukan kegiatan ekonomi.

Apa yang dimaksud dengan etnis dan suku bangsa?

Mengutip KBBI, etnik atau etnis bertalian dengan kelompok sosial dalam sistem sosial attau kebudayaan yang mempunyai arti atau kedudukan tertentu karena keturunan, adat, agama, bahasa dan sebagainya. Mengutip Kemdikbud RI, etnik atau etnis disebut juga suku bangsa.

Apa saja etnis di Indonesia?

Indonesia memiliki beragam etnis, antara lain: Batak, Jawa, Sasak dan sebagainya. Pengertian etnis lebih di dasarkan pada ciri-ciri sosial-kultural seperti agama, bahasa, asal suku, asal Negara, dan tata cara hidup sehari-hari. Contohnya ada seorang anak keturunan belanda,berkulit putih dan bermata biru, tinggal bersama keluarga bali sejak kecil.

Apa fungsi agama sebagai sosialisasi individu?

Fungsi agama sebagai sosialisasi individu ialah individu, pada saat dia tumbuh menjadi dewasa, memerlukan suatu sistem nilai sebagai semacam tuntunan umum untuk (mengarahkan) aktivitasnya dalam masyarakat, dan berfungsi sebagai tujuan akhir pengembangan kepribadiannya.

Apa saja contoh keberagaman etnik dan budaya di Indonesia?

Contoh keberagaman etnik dan budaya di Indonesia adalah budaya melukis tubuh di Mentawai, Sumatera Barat, tindik sebagai tanda kedewasaan dan masih banyak kebudayaan lain yang belum tereksplorasi. Setiap daerah di Indonesia memiliki kebudayaan yang khas.