Mengapa Kupu-Kupu Melakukan Metamorfosis?

Tahapan metamorfosis kupu-kupu yang merugikan manusia adalah fase larva (ulat). Kupu-kupu menguntungkan karena membantu penyerbukan tumbuhan. Ulat merugikan karena dapat merusak tanaman terutama pada daun.

Bagaimana proses metamorfosis kupu-kupu?

Kupu-kupu merupakan hewan yang mengalami proses metamorfosis. Metamorfosis kupu-kupu cukup sederhana namun melewati proses yang panjang dan lama. Hewan ini mengalami perubahan struktur fisik sejak menetas hingga menjadi kupu-kupu dewasa. Perubahan tersebut juga terlihat sangat berbeda dari waktu ke waktu.

Mengapa kupu kupu merupakan serangga yang mengalami metamorphosis sempurna?

Kupu kupu merupakan serangga yang mengalami metamorphosis sempurna karena mengalami 4 tahapan perubahan, mulai dari telur, larva, kepompong dan menjadi kupu kupu. Serangga yang mengalami 4 fase perubahan selalu identik dengan metamorfosis sempurna. Begitulah fase pembentukan diri kupu kupu untuk menjadi sesuatu yang indah dan disukai banyak orang.

Apa yang dimaksud dengan metamorfosis sempurna dan tidak sempurna?

Dari segi tahapan, metamorfosis dibagi atas dua jenis, yaitu metamorfosis sempurna dan metamorfosis tidak sempurna. Sama seperti namanya, hewan yang mengalami metamorfosis sempurna akan berubah secara sempurna atau seutuhnya, begitupun sebaliknya.

Bagaimana proses metamorfosis kepompong?

Ulat akan mengalami proses pergantian kulit sebanyak 5 – 6 kali, sebelum akhirnya mencari tempat untuk melakukan metamorfosis tahap selanjutnya, yaitu kepompong. 3. Kepompong Disebut juga sebagai pupa, kepompong dibungkus oleh semacam cangkang yang cukup keras. Saat tahap ini, kepompong akan berpuasa selama 7 – 20 hari tanpa makan dan minum.