Mengapa Manusia Purba Hidup Berpindah-Pindah?

Pembahasan: Manusia purba hidup berpindah pindah (nomaden) dikarenakan hidupnya tergantung dari alam. Cara kehidupan manusia purba adalah dengan berburu dan mengumpulkan makanan (food gathering).
Penyebab manusia purba hidup berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lain adalah karena kehidupan masyarakatnya masih sangat sederhana karena kemampuannya terbatas. Manusia purba tidak punya kemampuan untuk menetap serta mengolah lahan untuk mendapatkan makanan.

Mengapa manusia purba suka berpindah pindah?

Manusia purba suka berpindah pindah, hal ini dikarenakan…. Sebelum manusia bisa menghasilkan makanan sendiri (food producing), manusia purba hidup berpindah pindah atau nomaden dari satu tempat ke tempat yang lain untuk mendapatkan makanan.

Mengapa manusia tidak hidup secara berpindah-pindah dan mengumpulkan makanannya?

…dijadikan sumber makanannya. Sebagai hasilnya, manusia tidak hidup secara berpindah-pindah dan mengumpulkan makanan yang tersedia saja, tetapi mereka menetap ditempat yang sama, dimana mereka kemudian bertani dan berternak. Jadi meningkatnya kemampuan, pengetahuan, atau budaya manusia akan mengubah perilakunya.

Mengapa manusia purba selalu hidup secara berkelompok?

Ketiga masa tersebut, manusia purba selalu hidup secara berkelompok untuk bertahan hidup. Manusia purba membekali diri dan melakukan kerjasama untuk menghadapi lingkungan sekitarnya. Contoh, untuk mencari tempat-tempat yang menyediakan banyak bahan makanan, membutuhkan api untuk memasak dan penerangan pada malam hari.