Mengapa Manusia Satu Dengan Yang Lainnya Berbeda?

Manusia diciptakan berbeda-beda untuk saling melengkapi dan dapat saling mengisi. Kita semua sebagai umat beragama yang percaya akan Tuhan, tentunya meyakini bahwa semua ciptaan-Nya pada dasarnya adalah baik. Manusia diciptakan Tuhan berbeda-beda agar kehidupan seluruh umat manusia menjadi lebih baik.

Mengapa penciptaan manusia berbeda-beda?

Dengan menciptakan manusia berbeda-beda, mulai dari struktur DNA, sidik jari, bentuk tubuh, warna kulit, hingga perbedaan bahasa, suku, bangsa, dan lainnya, Allah hendak menunjukkan bahwa penciptaan manusia bukan sebuah kebetulan, melainkan hal itu terjadi dengan kehendak-Nya dan kebesaran-Nya.

Mengapa Allah menjadikan umat manusia berbeda?

Allah menjadikan umat manusia berbeda adalah untuk melatih manusia memilih dan berperinsip. Sehingga hal itu menjadi sebuah keniscayaan yang diberikan Allah kepada seluruh umat manusia. Jika Allah menjadikan semua manusia sama, termasuk dalam hal agama, maka manusia tidak akan memiliki kemampuan untuk memilih dan memilah.

Apa perbedaan antara manusia dan orang?

Barulah saya simpulkan bahwa Manusia dan Orang itu beda. Manusia adalah makhluk ciptaan Tuhan yang pada hakikatnya diberi akal dan nafsu. Harfiahnya manusia itu baik, penuh dengan cinta, makhluk yang sosial, dan ciptaan-Nya yang paling sempurna.

Apakah bahasa manusia hanya satu?

Demikian juga dengan bahasa, walau pun awalnya bahasa manusia cuma satu, yaitu bahasa Arab, namun setelah itu Allah pun menciptakan beragam bahasa umat manusia. Maka adanya sekian jenis ras manusia dan ragam bahasa, jangan dikira muncul secara kebetulan.