Mengapa Negara Indonesia Sangat Rentang Terjadi Perpecahan Maupun Konflik?

Indonesia sangat rentan akan terjadinya perpecahan dan konflik, karena adanya kemajemukan atau keanekaragaman budaya, suku bangsa dan agama di Indonesia, yang bila tidak disikapi dengan baik akan menimbulkan gesekan antar kelompok masyarakat.

Apa saja konflik yang terjadi di Indonesia?

Indonesia dengan berbagai macam suku bangsa yang ada menjadi lahan beresiko konflik yang cukup besar dan menjadi sorotan media seperti “Konflik antar Etnis Pribumi dan Etnis Tionghoa”, “Konflik Agama di Ambon”, dan “Tragedi Sampit”.

Apakah disintegrasi nasional dapat dibiarkan terjadi di Indonesia?

Ketika terjadi disintegrasi nasional, bukan tidak mungkin terjadi pelepasan wilayah dari suatu negara. tentu hal ini tidak dapat dibiarkan terjadi di Indonesia. Sudah banyak contoh disintegrasi nasional yang berakibat luar biasa buruknya bagi suatu bangsa.

Mengapa manusia harus selalu siap menghadapi konflik sosial?

Baik dari konflik yang disebabkan oleh dirinya sendiri ataupun orang lain. Saat ini banyak terjadi konflik sosial di Indonesia, konflik semacam ini cenderung memberikan dampak yang tidak diinginkan. Meskipun begitu, manusia harus selalu siap untuk menghadapi konflik dan menyelesaikannya dengan cara yang tepat.