Mengapa Padi Dan Kapas Dijadikan Simbol Sila Kelima Pancasila Jelaskan?

Lambang padi dan kapas terdapat pada bagian kiri bawah perisai Garuda Pancasila. Lambang itu menjadi simbol dari sila kelima dalam Pancasila, yaitu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Padi dilambangkan sebagai pangan karena padi menghasilkan beras yang menjadi makanan pokok masyarakat Indonesia.
KOMPAS.com – Sila kelima Pancasila disimbolkan dengan padi dan kapas, karena melambangkan dua hal yang dibutuhkan manusia untuk bertahan hidup. “Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia”, merupakan bunyi sila kelima Pancasila.

Apa tujuan penggambaran padi dan kapas sebagai simbol sila kelima Pancasila?

Penggambaran padi dan kapas sebagai simbol sila kelima Pancasila ini, ingin menunjukkan tujuan Bangsa Indonesia, yakni mewujudkan masyarakat yang hidup adil dan makmur. Jika dilihat dari warnanya, padi berwarna kuning dan kapas berwarna putih dan hijau. Warna kuning pada padi memperlihatkan padi yang siap dipanen.

Mengapa padi dan kapas dijadikan sebagai lambang sila kelima?

Secara keseluruhan pangan dan sadang wajib terpenuhi untuk seluruh rakyat. Karena alasan itulah padi dan kapas dijadikan sebagai lambang sila kelima.

Apa simbol dari sila kelima Pancasila?

Simbol dari sila kelima pancasila, yaitu padi dan kapas, yang merupakan identitas dan karakteristik mereka. Ilustrasi dibuat sebagai implementasi eksplisit dari kebutuhan dasar manusia, yaitu bahwa kapas didefinisikan sebagai pakaian dan padi sebagai makanan.