Mengapa Paham Nasionalisme Dapat Menjadi Landasan Yang Kuat?

karena nasionalisme sendiri merupakan suatu paham atau pemikiran yang menciptakan kedaulatan dalam sebuah negara(nasional). jika rasa nasionalisme yang seseorang miliki tinggi, maka kesadaran untuk berbangsa dan bernegara pun ikut tinggi. dan ini sangat penting, terutama bagi negara yang pernah di jajah

Apa yang dimaksud dengan paham nasionalisme?

Paham nasionalisme atau paham kebangsaan terbukti sangat efektif sebagai alat perjuangan bersama merebut kemerdekaan dari cengkraman kolonial. Semangat nasionalisme dipakai sebagai metode perlawanan secara efektif oleh para penganutnya.

Mengapa Nasionalisme sangat penting bagi bangsa Indonesia?

Rasa nasionalisme sangat penting sekali bagi bangsa Indonesia untuk bisa menjadi bangsa yang maju, bangsa yang modern, bangsa yang aman dan damai, adil dan sejahtera.

Mengapa rasa nasionalisme pemuda dapat mengancam dan menghancurkan bangsa Indonesia?

Namun, dengan memudarnya rasa nasionalisme dapat mengancam dan menghancurkan bangsa Indonesia. Hal itu terjadi karena ketahanan nasional akan menjadi lemah dan dapat dengan mudah ditembus oleh pihak luar. Bangsa Indonesia sudah dijajah sedari dulu sejak rasa nasionalisme pemuda memudar.

Mengapa nasionalisme memiliki peranan penting dalam kancah internasional?

Globalisasi dapat menyatukan sebuah bangsa dengan nasionalismenya untuk memperkenalkan jati diri dan identitas bangsa serta memajukan negaranya di kancah dunia, itulah mengapa nasionalisme memiliki peranan penting dalam kancah internasional. Dasar untuk berinteraksi antar negara satu dengan yang lain adalah nasionalisme.