Mengapa Pemanasan Global Dapat Menaikkan Permukaan Laut?

Ketika atmosfer menghangat, lapisan permukaan lautan juga akan menghangat, sehingga volumenya akan membesar dan menaikkan tinggi permukaan laut. Pemanasan juga akan mencairkan banyak es di kutub, terutama sekitar Greenland, yang lebih memperbanyak volume air di laut.

Bagaimana pemanasan global mendorong permukaan laut naik?

Pemanasan global mendorong permukaan laut naik dengan dua cara, pertama cairnya lapisan es berbasis lahan, dan juga kenaikan suhu air laut yang turut menyebabkan mencairnya lapisan es di kutub.

Mengapa pemanasan global mempengaruhi permukaan air laut?

Pemanasan global menyebabkan mencairnya es di kutub utara maupun selatan sehingga massa air di bumi semakin meningkat, sehingga permukaan air laut juga meningkat. Di Indonesia khususnya, permukaan air laut memberikan efek buruk seperti terjadi banjir rob di wilayah pantai utara seperti di Jakarta atau di Semarang.

You might be interested:  Mengapa Pada Tanggal 10 November Diperingati Sebagai Hari Pahlawan?

Apa itu pemanasan global?

Pemanasan global (Global warming) adalah suatu proses meningkatnya suhu rata-rata atmosfer, laut, dan daratan Bumi. Suhu rata-rata global pada permukaan Bumi telah meningkat 0.74 ± 0.18 °C (1.33 ± 0.32 °F) selama seratus tahun terakhir.

Apa dampak pemanasan global terhadap cuaca?

Berdasarkan model tersebut, para ilmuwan telah membuat beberapa prakiraan mengenai dampak pemanasan global terhadap cuaca, tinggi permukaan air laut, pantai, pertanian, kehidupan hewan liar dan kesehatan manusia. Pemanasan global (Global warming) adalah suatu proses meningkatnya suhu rata-rata atmosfer, laut, dan daratan Bumi.

Mengapa pemanasan global dapat menaikkan permukaan laut beri penjelasan?

Jawaban. Jawaban: karena lapisan ozon rusak yg mengabitkan masuknya sinar ultraviolet Tampa di tahan yg mengakibatkan mencairnya es di kutub sehingga meningkatkan vol air laut.

Mengapa pemanasan global menyebabkan kenaikan permukaan air laut brainly?

Karena pemanasan global membuat suhu di bumi menjadi panas, yg menyebabkan es di kutub utara dan selatan menjadi mencair. sehingga permukaan air laut menjadi naik.

Apa yang menyebabkan permukaan air laut naik?

Perubahan bentuk permukaan air laut tersebut disebabkan oleh gravitasi bulan. Air merupakan zat cair yang mudah berubah jika dikenai gaya. Nah, akibat gaya gravitasi bulan pada suatu laut, maka bisa menyebabkan gelombang air laut naik atau turun.

Mengapa pemanasan global dapat meningkatkan level permukaan air laut dan menenggelamkan pulau pulau kecil?

karena membuat suhu di bumi semakin panas yang melelehkan gunungan es di kutub. es yang meleleh dalam jumlah besar akan menenggelamkan pulau-pulau kecil.

Mengapa pemanasan global dapat meningkatkan terjangkitnya berbagai penyakit?

Pemanasan global menyebabkan polusi udara dan gas berbahaya lain terperangkap di dalam Bumi. Hal ini bisa membuatnya mudah terhirup oleh manusia dan meningkatkan risiko terjadinya penyakit pernapasan, seperti penyakit paru obstruktif kronis dan asma.

You might be interested:  Mengapa Kamu Perlu Melakukan Senam Irama Sederhana Saat Bangun Tidur?

Bagaimana pemanasan global dapat mengakibatkan berkurangnya koral atau terumbu karang di ekosistem laut?

Pemanasan global diikuti dengan naiknya suhu rata-rata di permukaan bumi. Apabila kenaikan suhu tersebut dalam selang waktu yang lama menyebabkan koral mengalami pemutihan karang atau white coral bleaching, sehingga mengakibatkan banyaknya koral yang mati.

Apa penyebab dan akibat pemanasan global?

Penyebab pemanasan global

Peningkatan suhu ini disebabkan oleh efek rumah kaca. Efek rumah kaca muncul karena meningkatnya polusi seperti karbon dioksida dan metana. Meningkatnya polusi akibat karbon dioksida dan metana mayoritas disebabkan oleh aktivitas yang dilakukan manusia.

Faktor apa saja yang menyebabkan terjadinya pemanasan global?

Penyebab Pemanasan Global

  1. Meningkatnya gas rumah kaca. Gas rumah kaca terjadi karena pembakaran minyak bumi, bahan bakar batu bara serta pembakaran gas alam.
  2. Polusi udara karena bahan bakar. Bahan bakar mesin dari kendaraan bermotor, mobil, dan kendaraan lainya menghasilkan gas karbodiosida.
  3. Efek rumah kaca.

Bagaimana permukaan air laut dapat mempengaruhi perubahan cuaca?

Permukaan air laut dapat mempengaruhi perubahan cuaca dikarenakan reaksi kombinasi dengan sinar matahari yang membuat suhu permukaan air laut yang menjadi memanas, apabila suhu permukaan air laut memanas maka akan semakin mudah terbentuknya awan sebagai pemicu terjadinya hujan.

Bagaimanakah dampak perubahan tinggi permukaan air laut?

(a) meningkatnya frekuensi dan intensitas banjir, (b) perubahan arus laut dan meluasnya kerusakan mangrove, (c) meluasnya intrusi air laut, (d) ancaman terhadap kegiatan sosial-ekonomi masyarakat pesisir, (e) berkurangnya luas daratan atau hilangnya pulau-pulau kecil.

Apa akibat dari proses kenaikan permukaan laut atau transgresi?

1. Secara umum, kenaikan muka air laut akan mengakibatkan dampak di wilayah pesisir sebagai berikut: meningkatnya frekuensi dan intensitas banjir, perubahan arus laut dan meluasnya kerusakan mangrove, meluasnya intrusi air laut.

You might be interested:  Mengapa Jumlah Aktiva Selalu Sama Dengan Jumlah Utang Dan Modal?

Mengapa pemanasan global dapat menyebabkan banyak pulau-pulau?

Fenomena pemanasan global dapat mengakibatkan tenggelamnya pulau-pulau kecil, hal ini dikarenakan ketika suhu bumi semakin lama semakin meningkat, es atau gletser yang ada di Kutub Utara dan Kutub Selatan akan mencair, sehingga terjadi peningkatan volume air laut dan pulau-pulau kecil pun akan tenggelam.

Mengapa pemanasan global dapat mempengaruhi kesehatan lingkungan dan masyarakat?

Pemanasan global membuat suhu udara bertambah panas, sehingga dapat menyebabkan penambahan polusi. Kenaikan tingkat polusi ini yang berefek buruk pada jantung. Selain itu, penelitian juga membuktikan suhu yang lebih tinggi dan kerusakan ozon dapat membuat kesehatan jantung memburuk.