Mengapa Perairan Natuna Penting Bagi Indonesia?

Perairan Natuna bagi Indonesia memiliki arti yang sangat penting dan strategis. Sebab, perairan dan kepulauannya merupakan batas terluar dari NKRI yang menjadi penentu dari keberdaulatan negara.

Apa yang terjadi di perairan natuna?

Peristiwa serupa pernah terjadi pada Maret 2016, usai delapan nelayan Cina ditangkap petugas Kapal Pengawas Hiu 11 Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Tanggapan yang dilontarkan pemerintah Cina pun serupa: merasa tak bersalah karena menganggap perairan Natuna adalah lokasi penangkapan ikan tradisional.

Apakah perairan natuna bagian dari negaranya?

Hanya saja China tetap menganggap perairan Laut Natuna bagian dari negaranya. Padahal, menurut Konvensi United Nations Convention on The Law of The Sea (UNCLOS) 1982, perairan Natuna masuk dalam Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Indonesia.

Mengapa nelayan di Natuna perlu menjadi bagian penting dalam wacana pertahanan?

“Nelayan di Natuna (contohnya) perlu menjadi bagian penting dalam wacana pertahanan, khususnya dalam konteks pemanfaatan sumber daya perikanan yang ada di Natuna,” sebutnya.

You might be interested:  Mengapa Setiap Orang Islam Wajib Melaksanakan Puasa Ramadhan?

Mengapa Natuna menarik perhatian negara lain?

Kedudukan dan situasi Natuna itu telah menarik perhatian, karena sesungguhnya kepulauan ini berada di kawasan maritim Laut Cina Selatan. Sudah sejak lama kawasan ini dilintasi jalur pelayaran dan niaga yang menumbuhkan dan menghubungkan antara negeri-negeri Asia Tenggara dan Asia Timur terutama Cina.

Mengapa laut Natuna menjadi rebutan antara Indonesia dan China?

Secara total sengketa di kawasan itu melibatkan China, Brunei Darussalam, Malaysia, Vietnam, Filipina, dan Indonesia. Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Bidang Kelautan dan Perikanan Yugi Prayanto mengatakan Natuna memang jadi rebutan banyak negara karena potensi sumber daya laut yang menggiurkan.

Apa saja potensi kekayaan alam yang dimiliki oleh perairan Natuna?

Pulau yang letaknya berada di jalur pelayaran internasional ini memiliki beragam kekayaan alam. Potensi sumber dayanya yang terkenal adalah kekayaan bumi berupa minyak dan gas. Disebutkan, cadangan minyak bumi Natuna diperkirakan mencapai 14.386.470 barel dan gas bumi sebesar 112.356.680 barel.

Mengapa Indonesia terlibat dalam sengketa Laut China Selatan?

Laut cina selatan diketahui sebagai jalur perdagangan internasional yang menyimpan kekayaan sumber daya alam di dalamnya. Bagi Indonesia sendiri, perhatian utamanya dalam konflik ini adalah untuk mempertahankan keamanan negaranya serta melindungi pulau Natuna yang rentan terdampak.

Pulau Natuna penghasil apa?

Kabupaten ini terkenal dengan penghasil minyak dan gas. Cadangan minyak bumi Natuna diperkirakan mencapai 1. 400.386.470 barel, sedangkan gas bumi 112.356.680.000. barel.

Apa yang mendasari negara China mengklaim bahwa kepulauan Natuna adalah bagian dari wilayah negaranya?

Dasar yang dipakai Negeri Tirai Bambu mengklaim perairan Natuna yang masuk wilayah Laut China Selatan adalah sembilan garis putus-putus atau nine dash line.

You might be interested:  Mengapa Benda Bisa Terapung Di Atas Air?

Siapa pihak pihak yang memperebutkan Laut China Selatan?

Adapun 3 (tiga) hal mengapa negara-negara yang terlibat dalam konflik Laut China Selatan atau Laut Tiongkok Selatan seperti China, Taiwan, Vietnam, Filipina, Brunei Darussalam, dan Malaysia saling berkepentingan dalam memperebutkan wilayah kawasan laut dan daratan dua gugusan kepulauan Paracel dan Spratly di Laut

Kapan konflik Natuna terjadi?

Konflik Natuna saat ini

Sengketa Laut China Selatan telah terjadi sejak tahun 1947. Dasar yang digunakan China untuk mengeklaim seluruh Kawasan Laut China Selatan adalah sembilan garis putus-putus (nine-dash line) yang meliputi sejumlah wilayah milik Filipina, Malaysia, Vietnam, Taiwan dan Brunei Darussalam.

Kapan Natuna jadi milik Indonesia?

Kepulauan Natuna dimasukkan sebagai salah satu wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Surat Keputusan Delegasi Republik Indonesia Provinsi Sumatera Tengah tanggal 18 Mei 1956.

Sumber daya alam apa saja yang terkandung di laut?

Tak Hanya Ikan, Ini 6 Potensi Sumber Daya Laut yang Ada di

  1. Perikanan Tangkap dan Perikanan Budi Daya. Sumber daya perikanan adalah potensi sumber daya laut yang paling besar di Indonesia.
  2. Hutan Mangrove (Hutan Bakau)
  3. Terumbu Karang.
  4. Pertambangan dan Energi.
  5. Padang Lamun.
  6. Pariwisata Bahari.

Apa yang dimaksud dengan laut natuna?

Laut Natuna adalah perairan yang terbentang dari Kepulauan Natuna hingga Kepulauan Lingga di Provinsi Kepulauan Riau, Indonesia. Laut ini berbatasan dengan Laut Natuna Utara di utara, barat laut, dan timur. Laut Natuna juga berbatasan dengan Selat Karimata di tenggara dan Selat Singapura di arah barat.

Berapa kedalaman laut Natuna?

Selat Lampa yang berada di Pulau Natuna merupakan salah satu wilayah dari pulau-pulau kecil di Provinsi Kepulauan Riau yang masih mengalami krisis energi listrik. Hasil pengukuran kedalaman laut di lokasi penelitian secara keseluruhan berkisar antara 0 meter dan 59,59 meter.

You might be interested:  Lirik Lagu Mengapa Kau Beri Aku Rasa?

Bagaimana peran Indonesia dalam menyelesaikan sengketa Laut Cina Selatan brainly?

Indonesia berupaya menunjukkan peranan khusus dalam konflik Laut Cina Selatan, yakni sebagai mediator dan kekuatan stabilitas. Indonesia memainkan peranan tersebut dengan penuh percaya diri, terutama karena sejalan dengan pedoman tradisi kebijakan luar negeri “bebas aktif”, suatu doktrin yang memiliki tujuan ganda.

Kenapa China ingin menguasai Laut Cina Selatan?

Guna mengurangi impor minyak, dalam jangka panjang negara ini memanfaatkan laut China selatan sebagai tempat memperoleh ladang minyak baru dan sekaligus sebagai jalur lintas perdagangan.