Mengapa Sebagian Masyarakat Tidak Siap Menerima Perubahan?

Pembahasan. Jawaban yang tepat dari pertanyaan tersebut, sebagian masyarakat tidak siap menerima perubahan karena rendahnya tingkat pendidikan, sikap konservatif (tertutup), dan prasangka negatif terhadap perubahan.

Mengapa manusia enggan melakukan perubahan?

Faktor pertama adalah karena manusia merasa bahwa yang membawa perubahan itu adalah bukan dari mereka sendiri. Ketika orang lain membawa perubahan maka manusia enggan untuk ikut serta melakukan perubahan karena tidak menganggap penting arti dari sebuah perubahan.

Apa yang terjadi jika perubahan diterapkan?

Yang kelima karena ada ketakutan apabila perubahan itu diterapkan. Ketakutan ini bisa dalam berbagai bentuk, contohnya takut akan kehilangan uang seperti gaji, tunjangan atau anggaran. Bisa juga ketakutan akan kehilangan jaringan atau tradisi sosial, takut kehilangan kekuasaan, kontrol, atau status, dan lain sebagainya.

Apa saja penyebab masalah sosial terjadi di masyarakat?

Secara umum, terdapat dua faktor dari penyebab masalah sosial terjadi di masyarakat, yaitu: Faktor kultural adalah faktor atau nilai-nilai sosial yang tumbuh dan berkembang dalam masyarakat, seperti halnya kemiskinan, perilaku menyimpang, dan yang lainnya.

Apa yang menyebabkan seseorang menolak perubahan?

Ketakutan ini bisa dalam berbagai bentuk, contohnya takut akan kehilangan uang seperti gaji, tunjangan atau anggaran. Bisa juga ketakutan akan kehilangan jaringan atau tradisi sosial, takut kehilangan kekuasaan, kontrol, atau status, dan lain sebagainya. Setidaknya itulah hal-hal yang membuat seseorang menolak sebuah perubahan.