Mengapa Setiap Orang Mengalami Masa Pubertas?

Pubertas ialah masa terjadinya perubahan fisik dan mental anak laki-laki dan perempuan. Perubahan ini disebabkan adanya perubahan hormon, akibatnya emosi seorang anak jadi tidak stabil, cepat marah, cepat tersinggung, melamun, pada saat yang lain gembira, tertawa atau menangis.

Apa yang dimaksud dengan masa pubertas?

Masa pubertas adalah masa ketika seorang anak mengalami beberapa perubahan fisik, psikis, dan juga pematangan secara seksual. Biasanya pubertas dimulai pada seorang anak ketika berumur 8-10 tahun dan berakhir pada umur 15-16 tahunan.

Apa yang menyebabkan pubertas?

Pada masa pubertas ini seorang anak juga akan mengalami pertumbuhan yang sangat pesat misalnya perubahan tinggi badan yang drastis. Lalu apa yang menyebabkan pubertas? Pubertas disebabkan oleh adanya perubahan hormon dalam tubuh karena beberapa sel dan sistem tubuhnya juga mulai berkembang.

Apa saja faktor yang mempengaruhi seseorang mengalami keterlambatan masa pubertas?

Terdapat beberapa faktor yang bisa mempengaruhi seseorang mengalami keterlambatan masa pubertas, di antaranya: 1. Faktor Genetik Jika memang anda mengalami masa pubertas yang terlambat, coba telusuri terlebih dahulu apakah ada di antara anggota keluarga yang juga mengalami keterlambatan saat masa pubertas.

Apa perbedaan masa puber wanita dan laki-laki?

Terdapat perbedaan pada masa puber wanita dan laki-laki, mulai dari umur dimulainya puber dan juga perbedaan yang mencolok pada perubahan fisik di antara keduanya. Masa pubertas perempuan umumnya dimulai sejak umur 8-16 tahun, sedangkan pada laki-laki dimilai pada umur 9-16 tahun.