Mengapa Virus Tidak Dikategorikan Sebagai Sel?

Bentuk tubuh virus bervariasi, ada yang berbentuk batang, oval, filamen, persegi banyak, seperti huruf T. Tubuh virus bukan merupakan suatu sel karena tidak memiliki dinding sel, membran sel, sitoplasma, inti sel,serta organel sel lainnya.

Mengapa virus tidak dapat dikatakan sebagai sel brainly?

Jawaban: Karena virus tidak memiliki susunan sel, seperti tidak memiliki inti sel (nukleus), membran sel, atau organel sel seperti mitokondria, dan virus hanya dapat berkembang dengan menjadi parasit pada organisme hidup tertentu.

Apa virus dapat dikategorikan sebagai sel?

Tubuh virus bukan merupakan suatu sel, karena tidak memiliki dinding sel, membran sel, sitoplasma, inti sel, dan organ sel lainnya. Virus berupa partikel yang disebut virion. Selain berukuran sangat kecil, virus juga memiliki sifat seperti benda mati.

Mengapa virus dapat dikatakan sebagai benda mati?

Virus oleh para ilmuwan dikatakan sebagai benda mati jika virus tersebut berada diluar sel hidup. Jika virus mendapatkan tempat pada sel hidup, maka virus akan menunjukkan aktivitas layaknya makhluk hidup yaitu mampu bereproduksi sehingga dapat bertambah banyak.

Apakah tubuh virus dapat dikategorikan sebagai sel Bandingkan dengan struktur sel tumbuhan atau sel hewan )? Berikan alasannya?

Jawaban: Virus dikategorikan sebagai ASELULER (tidak punya struktur sel)?karena tidak punya komponen sel yaitu tidak punya organel sel atau protoplaama

You might be interested:  Mengapa Dalam Perdagangan Internasional Diperlukan Adanya Pembayaran Internasional?

Mengapa virus dikatakan sebagai benda mati brainly?

virus disebut sebagai peralihan antara benda mati dan makhluk hidup. dikatakan benda mati karena dapat dikristalkan dan tidak berprotoplasma. dikatakan makhluk hidup karena mampu berkembang biak dan mempunyai asam nukleat.

Mengapa virus dianggap sebagai jembatan antara benda mati dan makhluk hidup?

Virus disebut sebagai bentuk jembatan (peralihan) antara benda mati dan makhluk hidup, karena memiliki sifat makhluk hidup, yaitu dapat mereprodiksi atau memperbanyak diri. Namun virus juga memiliki sifat benda tak hidup, yaitu tidak memiliki susunan sel, dan hanya dapat berkembang pada organisme hidup tertentu.

Jelaskan Seperti apakah struktur tubuh virus?

STRUKUR TUBUH VIRUS

Pada umumnya struktur tubuh yang dimiliki oleh virus terdiri dari asam nukleat dan kapsid. Selain itu, mikroorganisme ini juga memiliki struktur tambahan, seperti asam nukleat ini terdiri dari DNA atau deoxyribo nucleid acid atau RNA atau ribonucleid acid.

Apakah virus termasuk ke dalam makhluk hidup jika dilihat struktur sel sebagai penyusun tubuh makhluk hidup?

Virus tidak dianggap makhluk hidup karena mereka tidak bisa mereproduksi sendiri, dan mereka tidak terdiri dari sel-sel.

Apa yang dimaksud dengan struktur tubuh virus?

Untuk struktur tubuh pada virus sangatlah terbilang sederhana, tubuh virus hanya terdiri dari materi genetic berupa DNA atau RNA yang dikelilingi oleh suatu protein pelindung yang disebut kapsid. Kapsid tersebut dibangun ileh subunit-subunit yang identik satu sama lin yang disebut kapsomer.