Mengapa Zakat Diperintahkan Dalam Perekonomian Syariah?

Zakat memberikan manfaat bukan hanya bagi penerima zakat namun juga bagi pemberi Zakat karena Zakat mampu memperkuat tali persaudaran dan ukhuwah islamiyah. Zakat dapat menjadi salah satu jalan keluar dalam pengentasan kemiskinan karena salah satu pihak yang berhak menerima Zakat yaitu Fakir Miskin.

Mengapa zakat semakin berkembang?

Seiring dengan berkembangnya sektor-sektor perekonomian zaman ini menjadikan zakat semakin berkembang, bagaiman kita melihat pada sektor pertanian, sector industri yang mana terus mengalami peningkatan, kemudian sektor jasa yang sekarang banyak diminati oleh masyarakat.seperti usaha yang terkait dengan surat berharga dll.

Apa yang dimaksud dengan zakat yang diwajibkan?

Al-Qurtubi (Wafat 671 M) dalam Tafsir al-Jami li Ahkam al-Qur’an menyatakan bahwa yang dimaksud dalam surat adz-Dhariyat ayat 19 adalah zakat yang diwajibkan, artinya semua harta yang dimiliki dan semua penghasilan yang didapatkan, jika telah memenuhi persyaratan kewajiban zakat, maka harus dikeluarkan zakatnya.

Apa yang dimaksud dengan ekonomi yang berintikan zakat?

Ekomomi yang berintikan zakat akan memunculkan sifat tazkiyah yaitu ekonomi yang dipenuhi dengan nilai-nilai zakat yaitu nilai kebersihan, kejujuran, keadilan, pertumbuhan, perkembangan dan penghargaan serta penghormatan terhadap harkat dan martabat manusia.

Apa fungsi zakat?

Dana zakat saat ini dikembangkan bukan hanya untuk pemenuhan kebutuhan konsumsi masyarakat fakir miskin, namun fungsi zakat telah mengarah kepada pemberdayaan masyarakat muslim kurang mampu agar mereka kelak lebih mandiri dalam memenuhi kebutuhan ekonomi.