Jelaskan Mengapa Indonesia Disebut Sebagai Poros Maritim Dunia?

Mudah diduga sejak zaman kuno, lokasi kepulauan Nusantara ini telah menjadi sebuah lokus persilangan alur lalu lintas laut yang menghubungkan benua timur dan barat. Hal tersebut merupakan penguat bahwa Indonesia pantas disebut sebagai poros maritim dunia.

Mengapa Indonesia disebut sebagai poros maritim dunia?

Letak Geografis yang Strategis

Potensi Indonesia menjadi poros maritim dunia digambarkan karena letak Indonesia yang strategis menurut aspek geografisnya. Indonesia yang terletak diantara dua samudera dan dua benua membuat Indonesia dekat dengan pasar Internasional.

Mengapa Indonesia menjadi poros maritim dunia brainly?

Jawaban. Jawaban: indonesia dikatakan sebagai poros maritim dunia karena lokasinya yang strategis sebagai negara kepulauan yang terletak di antara dua benua, Asia dan Australia, dan dua samudera, Pasifik dan Hindia.

Apa yang dimaksud dengan poros maritim dunia?

Poros Maritim Dunia ialah menjadikan laut sebagai jalur laut. Poros Maritim Dunia bertugas untuk mengatur penyelesaian batas maritim, penataan ruang laut dan diplomasi, pengembangan industri maritim dan konektivitas laut, pengembangan industri sumber daya alam, dan jasa kelautan.

Mengapa Indonesia dapat menjadi poros maritim dunia berdasarkan potensi sumber daya kelautan?

Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki dapat menjadi poros maritim dunia. Indonesia berpotensi menjadi poros maritim dunia karena letak wilayah Indonesia sangat strategis, yaitu berada diantara Benua Asia dan Benua Australia serta Samudra Hindia dan Samudra Pasifik.

You might be interested:  Mengapa Psikologis Tidak Dapat Dipisahkan Dari Pendidikan?

Apa manfaat Indonesia sebagai poros maritim dunia?

1. Indonesia menjadi jalur strategis dalam perdagangan ekonomi dunia, dengan memanfaatkan laut sebagai media perhubungan, dan juga transportasi. 2. Indonesia memiliki tol laut sebagai sarana dan prasarana transportasi pengangkutan logistik di Indonesia.

Apa yang dimaksud dengan poros?

Poros adalah salah satu Elemen Mesin yang berbentuk silindris memanjang dengan penampang yang biasanya berbentuk lingkaran yang memiliki fungsi sebagai penyalur daya atau tenaga melalui putaran sehingga poros ikut berputar.

Mengapa Indonesia sangat kaya akan potensi sumber daya alam dan kemaritiman?

Indonesia juga dikenal sebagai negara maritim dengan potensi kekayaan maritim yang sangat besar. Hal itu karena sebagian besar wilayah Indonesia merupakan lautan. Sehingga selain kaya akan sumber daya alam di darat, Indonesia juga memiliki kekayaan sumber daya alam di laut yang tidak kalah besarnya.

Mengapa Indonesia Sangat penting untuk membangun kekuatan pertahanan maritim?

“Postur pertahanan maritim diperlukan untuk menghadapi segala ancaman, termasuk menjaga kedaulatan dan kekayaan alam, menjaga keselamatan pelayaran dan keamanan maritim di wilayah yurisdiksi nasional; serta memelihara situasi damai di wilayah samudera Hindia dan Pasifik”, jelasnya.

Bagaimana potensi sumber daya kelautan Indonesia?

Potensi sumber daya mineral kelautan tersebar di seluruh wilayah perairan Indonesia. Sumber daya mineral ini diantaranya minyak dan gas bumi, timah, emas dan perak, pasir kuarsa, monasit dan zirkon, pasir besi, agregat bahan konstruksi, posporit, kromit, dan masih banyak lagi yang lainnya.