Mengapa Anak Perempuan Lebih Cepat Mengalami Pubertas Daripada Anak Laki-Laki?

Anak perempuan dewasa secara fisik lebih cepat daripada anak laki-laki pada tingkat fisik juga karena proses pubertas yang lebih cepat. Anak perempuan mengalami pubertas lebih awal dari anak laki-laki sekitar 1-2 tahun. Dan umumnya menyelesaikan tahap pubertas lebih cepat daripada laki-laki karena perbedaan biologis mereka.
Penurunan usia awal pubertas responden perempuan yang lebih cepat ini dikarenakan anak perempuan mempunyai massa lemak lebih banyak dibandingkan dengan anak laki-laki.

Kapan anak perempuan mengalami pubertas?

KOMPAS.com – Sebuah penelitan terbaru menyimpulkan, anak perempuan mengalami pubertas hampir satu tahun lebih awal dari anak perempuan pada 40 tahun yang lalu. Menurut National Health Service (NHS), pubertas cenderung dimulai antara usia 8-13 tahun pada anak perempuan, dan 9-14 tahun untuk anak laki-laki.

Apa yang terjadi pada anak perempuan saat masa pubertas?

Dilansir dari situs NHS dot UK pada Sabtu, 22 Juni 2019, anak perempuan akan mengalami menstruasi dan payudara bertambah besar, sedangkan pada laki-laki penis dan testis yang lebih besar serta suara yang lebih dalam saat masa pubertas itu muncul.

Apakah perempuan pubertas lebih cepat dari laki-laki?

Perempuan pubertas lebih cepat dari laki-laki Secara general, pubertas dimulai dari usia 8-10 tahun dan berakhir pada usia 15-16 tahun. Namun, menurut penelitian, masa pubertas pada perempuan dimulai lebih awal!

Apakah pubertas dini terjadi pada anak laki-laki?

Sedangkan pada anak laki-laki, pubertas dini terjadi dengan tanda perubahan suara yang menjadi lebih berat, tumbuh bulu halus, serta pembesaran testis atau penis sebelum memasuki usia 9 tahun.