Mengapa Bangsa Eropa Melakukan Penjajahan Samudra?

Mengapa Bangsa Barat Melakukan Penjelajahan Samudra. Adapun alasan terbesar mengapa sehingga bangsa barat melakukan suatu penjelajahan samudra yaitu untuk melakukan perdagangan, menaklukkan daerah baru dan mencari harta. Bangsa Barat atau Eropa yang telah memelopori penjelajahan samudra yakni Spanyol dan Portugis.
Mereka melakukan penjelajahan samudra untuk menemukan dunia baru. Tidak hanya itu, tapi juga ingin menguasai untuk memperoleh keuntungan ekonomi dan politik. Salah satu wilayah penjelajahan bangsa Eropa sampai ke Indonesia. Apalagi Indonesia merupakan penghasil rempah-rempah dunia yang menjadi rebutan bangsa Eropa.

Mengapa bangsa Eropa berusaha melakukan penjelajahan samudra?

Mulai akhir abad XV bangsa Eropa berusaha melakukan penjelajahan samudra. Faktor-faktor pendorong penjelajahan antara lain: 1. Adanya keinginan mencari kekayaan (gold) Kekayaan yang mereka can terutama adalah rempah-rempah. Sekitar abad XV di Eropa, rempah-rempah pada saat itu harganya sangat mahal. Harga rempah-rempah semahal emas (gold).

Mengapa bangsa-bangsa Eropa melakukan penjelajahan ke duniatimur?

Tujuan bangsa-bangsa Eropa melakukan penjelajahan ke dunia Timur tidak hanya untuk mencari jalur perdagangan baru dan daerah penghasil rempah-rempah. Perjalanan bangsa-bangsa Eropa juga dilandasi semboyan gold, glory, dan gospel. Mengapa semboyan glory dalam penjelajahan samudra mendorong terjadinya kolonialisme?

Apa faktor yang menyebabkan bangsaeropa melakukan penjelajahan samudra?

Nah, berikut ini adalah beberapa faktor yang menyebabkan bangsa Eropa melakukan penjelajahan samudra. 1. Adanya imperialisme Imperialisme berasal dari kata imperator yang artinya memerintah. Imperialisme bertujuan untuk menguasai daerah lain guna memperoleh keuntungan dari daerah yang dikuasainya.

You might be interested:  Mengapa Industri Membentuk Klaster?

Mengapa orang Eropa melakukan penjelajahan samudra?

Akibatnya, bangsa Eropa kesulitan menemukan rempah-rempah sebagai komoditas yang banyak dicari di pasar. Keadaan tersebut mendorong penjelajahan samudra untuk mencari sumber daya lain di luar Eropa. Penjelajahan samudra terjadi sekitar akhir abad ke-15, dikutip dari Gramedia.

Apa penyebab terjadinya penjelajahan samudra?

Sebab sebab terjadinya penjelajahan samudra yaitu karena faktor : 1. Terpengaruh oleh ajaran Copernicus bahwa bumi itu bulat 2. Tertarik dengan kisah perjalanan Marcopolo ke dunia Timur yang dikatakan dalam buku “Imago Mundi” (Anggapan /keajaiban dunia) 3. Timbulnya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, seperti