Mengapa Cuci Tangan Menggunakan Sabun?

Cuci tangan pakai sabun dilakukan sebab tangan sering menjadi media penyebaran kuman dan menyebabkan bakteri atau virus berpindah dari satu orang ke orang lain, baik dengan kontak langsung maupun kontak tidak langsung yang menggunakan media seperti handuk, gelas, dan barang lain di sekitar kita (Dinas kesehatan 2020).
Cuci tangan harus pakai sabun dengan air mengalir, karena dengan memakai sabun dapat membersihkan tangan dari kotoran yang mengandung kuman penyakit.

Bagaimana cara mencuci tangan dengan sabun biasa?

Dengan kata lain, kamu tetap bisa menggunakan sabun biasa. Namun, ketika mencuci tangan, kamu perlu menggosokkan kedua tangan menggunakan sabun. Pastikan juga untuk menyabuni punggung tangan, di antara jari-jari, dan di bawah kuku. Menggosokkan tangan dapat menciptakan gesekan yang membantu mengangkat kotoran, minyak, dan mikroba dari kulit.

Apakah sabun cuci tangan bisa menyebabkan eksim?

Kebiasaan mencuci tangan yang saat ini mungkin sering Anda lakukan bisa saja menimbulkan masalah kulit, terutama kulit kering bahkan eksim. Hal tersebut bisa dikarenakan memang memiliki riwayat penyakit kulit ataupun riwayat alergi terhadap kandungan produk tertentu, termasuk pada sabun cuci tangan.