Mengapa Gambang Kromong Dianggap Sebagai Hasil Akulturasi Budaya?

Jawaban: Orkes Gambang Kromong merupakan perpaduan yang serasi antara unsur-unsur pribumi dengan unsur Tionghoa. Secara fisik unsur Tionghoa tampak pada alat-alat musik gesek, yaitu sukong, tehyan, dan kongahyan. Perpaduan kedua unsur kebudayaan tersebut tampak pula pada perbendaharaan lagu-lagunya.

Apa itu gambang kromong?

Secara etimologi, gambang kromong berasal dari penyebutan dua instrumen perkusi yang digunakan, yaitu gambang dan kromong. Gambang terdiri dari 18 bilah; terbuat dari kayu suangking, huru batu, atau kayu jenis lain yang empuk bunyinya bila dipukul.

Apa itu gambang kromong dan wayang cokek?

Kawasan-kawasan itu memang merupakan area budaya Betawi,” tulis David Kwa dalam “Lebih Dalam Tentang Gambang Kromong dan Wayang Cokek” di Jurnal Kesenian Cisadane. Juni 2005. Sesuai namanya, gambang kromong menggunakan dua alat musik utama berupa gambang dan seperangkat kromong.

You might be interested:  Kapan Perjanjian Bongaya Dilaksanakan?

Apa saja alat musik gambang kromong?

Sesuai namanya, gambang kromong menggunakan dua alat musik utama berupa gambang dan seperangkat kromong. Saat ini keduanya disertai alat musik lain sebagai pelengkap, yakni sukong, thehian, kongahyan, kecrek, ningnong, gong, kempul, dan gendang.

Mengapa gambang kromong merupakan hasil dari akulturasi budaya jelaskan?

Jawaban. Jawaban: Gambang Kromong adalah kesenian musik tradisional dari Betawi dengan memadukan alat musik Gamelan dan alat musik dari Tionghoa. Kesenian musik tradisional ini merupakan hasil akulturasi budaya antara budaya Tionghoa dan pribumi.

Apa yang dimaksud dengan gambang kromong dan?

Gambang Kromong adalah orkes yang merupakan bentuk akulturasi budaya Betawi dan Cina, memadukan unsur musik Cina dan perkusi, yang disebut gambang dan kromong.

Mengapa musik gambang kromong mendapat sentuhan budaya Tionghoa?

Musik gambang kromong memiliki kaitan yang erat dengan masyarakat Tionghoa. Karena musik ini sangat populer di kalangan masyarakat Tionghoa, pada sekitar tahun 1930-an. Kesenian musik ini sudah menjadi bagian kehidupan masyarakat Tionghoa, kala itu.

Bagaimana struktur alat musik gambang kromong?

Instrumen gamelan pada gambang kromong terdiri dari: gambang kayu, seperangkat bonang lima nada yang disebut kromong, dua buah alat gesek seperti rebab, dengan resonator terbuat dari tempurung kelapa mini disebut ohyan dan gihyan, suling laras diatonik yang ditiup melintang, kenong dan gendang.

Apa nilai luhur yang kamu dapatkan dari kesenian gambang kromong jelaskan?

Nilai-nilai luhur yang terdapat pada kesenian gambang kromong adalah: Perpaduan Budaya, masyarakat Betawi mau menerima kebudayaan asing Tionghoa yang dipadukan dengan kebudayaan Betawi sehingga menghasilkan kesenian baru yang harmonis.

Mengapa kesenian gambang kromong semakin hilang perkembangannya?

Kelompok Gambang Kromong yang dipimpinnya terpaksa harus bubar pada tahun 2009 karena sudah jarang mendapat order pentas. Alat-alat musik miliknya sebagian terpaksa harus direlakan berpindah tangan karena terdesak kebutuhan. Sebagian lainnya dibiarkan berdebu di salah satu pojok rumahnya.

You might be interested:  Mengapa Soekarno Ditangkap Oleh Belanda Pada Tahun 1929?

Apakah yang dimaksud dengan kromong?

Kromong merupakan alat musik dan salah satu bagian dari orkes Gambang Kromong. Alat musik yang dalam istilah gamelan dinamakan bonang. Merupakan dua deret belanga sejumlah 10 buah, dengan setiap deret berisi lima slendro sebagaimana dalam gamelan, melainkan laras Pentatonik seperti tata nada ‘Tsi Ceh’ Cina.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan kromong?

Jakarta – Kromosom adalah molekul seperti benang yang membawa informasi herediter untuk segala hal mulai dari tinggi badan hingga warna mata. Kromosom dibuat dari protein dan satu molekul DNA yang berisi instruksi genetik suatu organisme yang diturunkan dari orang tua.

Apa yg dimaksud dengan gambang?

Gambang adalah alat musik tradisional yang terdiri dari 18 bilah bambu yang dimainkan dengan cara dipukul. Alat musik ini digunakan dalam kesenian gambang kromong Betawi.

Apa yang menjadi keunikan musik gambang kromong?

Dikatakannya, salah satu keunikan Gambang Kromong adalah alat musik gesek seperti Tehyan, Sukong dan Kongahyan. ‘Alat musik itu berasal dari Tiongkok, ini menjadi ciri khas Gambang Kromong. Untuk pementasan kita sering diajak mengisi sejumlah acara baik pemerintah maupun perorangan,’ ujarnya.

Kromong terbuat dari apa?

Bentuk kromong mirip seperti bonang, yaitu kumpulan 10 buah gong ‘pecon’ terbuat dari perunggu atau kuningan yang disusun dua baris dalam sebuah rak kayu.

Siapakah nama tokoh pelopor gambang kromong?

Awal mula terbentuknya orkes gambang kromong tidak lepas dari seorang pemimpin komunitas Tionghoa yang diangkat Belanda (kapitan Cina) bernama Nie Hoe Kong (masa jabatan 1736-1740).

Apa saja alat musik gambang kromong brainly?

Contoh alat musik gambang kromong yaitu su-kong, teh-hian, kong-a-hian, bangsing (seruling), gong, gendang, kecrek (pan), dan ningnong (sio-lo).

You might be interested:  Jelaskan Mengapa Manusia Membutuhkan Ilmu Ekonomi Dan Apa Manfaatnya?

Bagaimana bentuk alat musik gambang Betawi?

Gambang adalah alat musik khas Betawi yang terbuat dari bilah-bilah kayu sebanyak 18 buah. Bentuknya mirip seperti perahu. Lantaran merupakan alat musik pukul atau perkusi, gambang tentunya memiliki pemukul. Alat pemukul ini terdiri dari dua buah tongkat yang ujungnya berbentuk bulat serta dibungkus dengan kain.

Alat musik apa yang digunakan dalam gambang kromong?

Alat musik khas dari Betawi adalah gambang kromong yang terdiri dari berbagai alat musik. Gambang kromong terdiri dari gambang, kromong, kongahyan, tehyan, sukong, ningning, suling, gendang, kecrek, kempul, jutao, dan gong.