Mengapa Indonesia Disebut Negara Kepulauan Dan Negara Maritim?

Alasan Indonesia disebut sebagai negara maritim adalah dari pengakuan dunia bahwa Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia. Terlebih, Indonesia memiliki berbagai budaya dan suku bangsa. Kondisi geografis Indonesia juga mendukung pengakuan tersebut.
Indonesia disebut sebagai negara maritim, karena memiliki wilayah perairan lebih luas daripada daratan. Selain itu, Indonesia punya kondisi geografis yang unik di antara negara di Asia Tenggara. Menurut sejarah Indonesia disebut sebagai negara maritim karena lokasi kepulauan menjadi jalur lalu lintas laut.

Mengapa Indonesia disebut sebagai negara kepulauan?

Dikutip dari buku Pengetahuan Sosial karya Tri Nur Hadiyati, Indonesia disebut sebagai negara kepulauan karena wilayahnya terdiri dari pulau-pulau. Tercatat, ada sekitar 17.500 pulau yang dimiliki Indonesia. Pulau-pulau tersebut dihubungkan oleh laut dan selat sehingga menjadi wilayah yang dikenal juga dengan nama Nusantara.

Mengapa negara Indonesia disebut sebagai negara maritim?

Tapi jika Anda belum bisa menyimpulkannya, berikut alasan mengapa negara Indonesia disebut sebagai negara maritim. Alasan singkat mengapa Indonesia disebut sebagai negara maritim adalah karena wiayahnya dikelilingi oleh perairan yang sangat luas, dimana wilayah lautnya lebih luas dibandingkan dengan wilayah daratan.

You might be interested:  Mengapa Harus Ada Pemerintahan Di Negara Kita?

Apakah Indonesia termasuk negara terluas?

Berdasarkan hal tersebut menjadikan Indonesia menempati peringkat ke-7 sebagai negara terluas setelah Rusia, China, Amerika Serikat, Kanada, Brasil dan Australia. Jika di Asia, Indonesia berada di peringkat ke-2 setelah China, sedangkan di Asia Tenggara Indonesia menjadi negara terluas peringkat 1.

Mengapa Indonesia termasuk negara maritim?

Luas Zona Ekonomi Eksklusif negara Indonesia sebanyak dan 2,55 km2. Bisa dilihat bahwa sebagian besar wilayah Indonesia adalah perairan. Ini adalah alasan utama yang menjadikan negara Indonesia adalah negara maritim. Melalui luas sebesar ini, tentu saja potensi kelautan di Indonesia sangat besar. 2. Memiliki posisi Geostrategis

Mengapa Indonesia disebut sebagai negara maritim dan negara kepulauan?

Alasan mengapa Indonesia disebut sebagai negara maritim adalah karena wilayah perairan di Indonesia lebih luas dari daratannya. Indonesia memiliki sekitar 17.499 pulau, bergaris pantai sepanjang 81.000 km (terpanjang kedua setelah Kanada). Dikutip dari laman kkp.go.id, total wilayah Indonesia sekitar 7,81 juta km2.

Mengapa Indonesia disebut sebagai negara kepulauan sekaligus negara maritim brainly?

Jawaban: Indonesia terdiri dari banyak pulau dan memiliki lautan yang luas dibandingkan daratan, sehingga Indonesia disebut dengan negara kepulauan dan negara maritim.

Mengapa Indonesia disebut sebagai negara kepulauan brainly?

Jumlahnya lebih dari 17.000 pulau. Secara sederhana, Indonesia disebut negara kepulauan karena wilayahnya terdiri dari banyak pulau.

Apakah yang dimaksud dengan negara Indonesia adalah negara kepulauan?

(1) Indonesia merupakan negara kepulauan yang seluruhnya terdiri atas kepulauan-kepulauan dan mencakup pulaupulau besar dan kecil yang merupakan satu kesatuan wilayah, politik, ekonomi, sosial budaya, dan historis yang batas-batas wilayahnya ditarik dari garis pangkal kepulauan.

Apa yang dimaksud dengan negara kepulauan?

Menurut KBBI, kepulauan berasal dari bentuk tunggal kata pulau yang berarti tanah atau daratan yang dikelilingi air, seperti laut, sungai, atau danau. Untuk kepulauan sendiri, KBBI mendefinisikannya sebagai hgugusan beberapa buah pulau atau kumpulan tanah atau daratan yang dikelilingi air.

You might be interested:  Mengapa Benih Harus Memiliki Sertifikat?

Apa yang dimaksud dengan negara kepulauan jelaskan?

Pengertian Negara Kepulauan

Pengertian negara kepulauan (Archipelagic State) berdasarkan UNCLOS 1982 (Ariticle 46) adalah: Gugusan pulau, termasuk bagian pulau, perairan diantaranya & wujud alamiah yang berhubungan erat satu sama lain.

Apakah yang dimaksud dengan negara kepulauan brainly?

Negara kepulauan merupakan suatu wilayah negara yang memiliki banyak pulau dan keberagam suku, adat istiadat, dan kebudayan yang berada dalam satu wijayah yaitu negara itu sendiri.