Mengapa Indonesia Disebut Sebagai Negara Kepulauan Maritim Dan Agraris?

Pembahasan. Negara maritim adalah negara yang berada dalam kawasan laut yang luas. Kawasan Indonesia terdiri dari 2/3 lautan, hal ini tentu menjadikan Indonesia disebut dengan negara maritim. Sedangkan agraris adalah segala aktivitas yang berkaitan dengan bidang pertanian.

Mengapa negara Indonesia disebut negara kepulauan?

Wilayah negara Indonesia terbentang dari Sabang yang terletak di bagian barat hingga Merauke di bagian timur. Indonesia disebut juga negara kepulauan karena terdiri dari pulau-pulau. Dikutip dari Buku SD/MI Kelas V Tema 5 Ekosisistem (2017) oleh Diana Puspa karitas, negara kepulauan merupakan salah satu negara maritim.

Mengapa Indonesia disebut sebagai negara maritim dan negara agraris?

Indonesia disebut sebagai negara maritim dan negara agraris. Indonesia memiliki kondisi geografis yang unik di antara negara-negara yang terdapat di kawasan Asia Tenggara. TRIBUNNEWS.COM – Indonesia memiliki kondisi geografis yang unik di antara negara lain di kawasan Asia Tenggara.

You might be interested:  Scrub Dipakai Kapan?

Mengapa bangsa Indonesia disebut sebagai negara agraris?

Negara yang luas yang memiliki keanekaragaman hayati yang beragam. Negara Indonesia disebut sebagai negara agraris karena sebagian besar penduduknya bekerja di sektor pertanian. Hasil dari bertani tersebut dijadikan masyarakat Indonesia sebagai cara memenuhi kebutuhan pokok hidup.

Bagaimana kondisi negara Indonesia sebagai negara tropis?

Keberadaan negara Indonesia sebagai negara tropis juga sangat menguntungkan. Adanya dua musim, yaitu musim kering atau musim kemarau dan musim basah atau musim hujan membantu para petani dan nelayan Indonesia untuk bekerja. Kekayaan laut dan pertanian merupakan sumber daya andalan Indonesia.

Mengapa Indonesia disebut sebagai negara kepulauan atau maritim dan agraris?

Indonesia disebut sebagai negara maritim, karena memiliki wilayah perairan lebih luas daripada daratan. Selain itu, Indonesia punya kondisi geografis yang unik di antara negara di Asia Tenggara. Menurut sejarah Indonesia disebut sebagai negara maritim karena lokasi kepulauan menjadi jalur lalu lintas laut.

Apa yang dimaksud dengan negara kepulauan negara maritim dan negara agraris?

Istilah negara maritim dan negara agraris adalah menunjuk pada dua hal yang berbeda. Pengertian negara maritim adalah negara yang wilayah teritorialnya sebagian besar berupa lautan/perairan. Adapun pengertian dari negara agraris adalah negara yang profesi penduduknya mayoritas di bidang agraris atau pertanian.

Mengapa warga negara Indonesia disebut sebagai negara kepulauan?

Mengapa Indonesia disebut negara kepulauan jawabannya karena Indonesia adalah negara yang memiliki perairan yang luas. Hampir 2/3 wilayahnya merupakan lautan, antara pulau satu dengan pulau yang lain disatukan oleh laut. Selain itu, Indonesia memiliki ootensi laut terkaya di dunia.

Mengapa negara Indonesia disebut sebagai negara kepulauan maritim dan agraris brainly?

Indonesia disebut negara maritim karena memiliki perairan yang sangat luas dibandingkan dengan daratannya. Disebut negara agraris karena rata-rata penduduknya bekerja sebagai petani. Disebut negara kepulauan karena Indonesia memiliki banyak pulau.

You might be interested:  Mengapa Seorang Guru Harus Memiliki Kompetensi?

Mengapa negara Indonesia disebut sebagai negara maritim brainly?

Secara pengertian, mengapa Indonesia disebut sebagai negara maritim karena merupakan negara kepulauan dengan luas wilayah daratan yang hampir sama dengan luasnya laut dan perairan.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan negara agraris?

Indonesia dikenal sebagai negara agraris dengan sebagian besar penduduknya bekerja pada bidang pertanian. Indonesia merupakan negara agraris yang memiliki lahan pertanian yang luas, sumber daya alam beraneka ragam dan berlimpah.

Apa yang dimaksud dengan agraris?

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), agraris memiliki tiga pengertian. Pengertian pertama adalah mengenai pertanian atau tanah pertanian. Pengertian kedua adalah mengenai pertanian atau cara hidup petani. Serta, yang ketiga adalah bersifat pertanian.

Ok Google Apa yang dimaksud dengan negara maritim?

KOMPAS.com – Negara maritim adalah negara yang berada dalam kawasan laut yang luas. Selain itu, negara maritim biasanya negara yang memiliki banyak pulau.

Mengapa Indonesia dikatakan sebagai negara kepulauan brainly?

Indonesia disebut sebagai negara kepulauan karena Indonesia terdiri dari banyak wilayah pulau dan kepulauan.

Mengapa Indonesia disebut sebagai negara kepulauan brainly?

Jumlahnya lebih dari 17.000 pulau. Secara sederhana, Indonesia disebut negara kepulauan karena wilayahnya terdiri dari banyak pulau.

Mengapa negara Indonesia dikatakan sebagai negara kepulauan Jika ditinjau dari aspek kewilayahan?

Mengapa Indonesia Disebut Negara Kepulauan? Dikutip dari buku Pengetahuan Sosial karya Tri Nur Hadiyati, Indonesia disebut sebagai negara kepulauan karena wilayahnya terdiri dari pulau-pulau. Tercatat, ada sekitar 17.500 pulau yang dimiliki Indonesia.

Negara Indonesia merupakan negara kepulauan yang terdiri dari ribuan pulau dimana setiap pulau dipisahkan oleh?

Sebelum Deklarasi Juanda, total wilayah daratan dan perairan Indonesia hanya seluas + 2.027.087 kilometer persegi. Pulau-pulau Indonesia dipisahkan oleh laut bebas (laut internasional).