Mengapa Indonesia Tidak Mengalami Perbedaan Suhu Antar Musim Yang Ekstrim?

Karena Indonesia termasuk negara tropis, kita tidak mengalami heatwave atau gelombang panas itu. ‘Sistem tropis tidak memiliki perbedaan tekanan sangat besar.

Berapa suhu musim dingin dan musim panas di Indonesia?

Suhu musim dingin mencapai -20 derajat Celcius dan suhu musim panas mencapai 40 derajat Celcius. Secara umum, keadaan iklim di Indonesia dipengaruhi tiga jenis iklim, yaitu iklim muson, iklim laut, dan iklim tropis. Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.

Berapa normal suhu udara di Indonesia?

Berdasarkan data dari 91 stasiun pengamatan BMKG, normal suhu udara periode 1981-2010 di Indonesia adalah sebesar 26.6 o C dan suhu udara rata-rata tahun 2020 adalah sebesar 27.3 o C. Untuk wilayah Indonesia secara keseluruhan, tahun 2016 merupakan tahun terpanas dengan nilai anomali sebesar 0.8 °C sepanjang periode pengamatan 1981 hingga 2020.

Apa saja faktor penyebab terjadinya iklim musim di Indonesia?

Adapun yang menjadi faktor penyebab terjadinya iklim musim di Indonesia adalah angin muson barat dan angin muson timur. Angin muson merupakan angin yang disebabkan karena terjadinya perbedaan tekanan udara pada benua dan samudera.

Mengapa Indonesia diuntungkan dalam segi Iklim dan alam?

Berdasarkan dari letak astronomis ini menjadikan Indonesia diuntungkan dalam segi iklim dan alam yang memberi banyak manfaat bagi rakyat Indonesia. Sebab dengan Negara Indonesia terletak di daerah tropis atau lintang rendah, sehingga penyinaran matahari berlangsung sepanjang tahun, dengan jumlah penyinaran yang hampir sama untuk setiap harinya.