Mengapa Kerajaan Sriwijaya Dikategorikan Sebagai Negara Maritim Adalah?

Kerajaan Sriwijaya dijuluki sebagai kerajaan maritim. Hal ini dikarenakan lokasi kerajaan yang sangat strategis, yaitu terletak di tepi Sungai Musi yang merupakan sungai terpanjang di Indonesia serta menguasai dua perairan laut yang penting seperti Selat Malaka dan Selat Sunda.
Dilansir dari Encyclopedia Britannica, alasan kerajaan sriwijaya dikategorikan sebagai negara maritim adalah menguasai perdagangan dan pelayaran di semenanjung malaya, selat malaka, dan selat sunda

Mengapa Kerajaan Sriwijaya disebut sebagai kerajaan maritim?

Alasan ketiga mengapa sehingga kerajaan Sriwijaya disebut sebagai kerajaan maritim adalah kehidupannya sangat bergantung pada perdagangan laut. Para pedagang dari kerajaan atau negara-negara lain, seperti Persia, India, dan Cina sering singgah di pelabuhan Sriwijaya dan mengadakan transaksi perdagangan.

Apa yang dimaksud dengan kerajaan maritim pertama di Indonesia?

Kerajaan yang didirikan oleh Dapunta Hyang Sri Jayanasa ini disebut sebagai kerajaan maritim pertama di Indonesia. Berdasarkan prasasti peninggalannya, Kerajaan Sriwijaya terletak di tepi Sungai Musi, atau sekitar Kota Palembang, Sumatera Selatan. Pada masanya, kerajaan maritim ini pengaruhnya meliputi Indonesia, Semenanjung Malaya, dan Filipina.

You might be interested:  Mengapa Wilayah Indonesia Mempunyai Letak Wilayah Yang Sangat Strategis?

Mengapa wilayah kekuasaan Kerajaan Sriwijaya semakin luas?

Di samping itu, wilayah kekuasaan Kerajaan Sriwijaya juga semakin luas bahkan hampir seluruh wilayah Nusantara yang mulanya terpisah-pisah dapat disatukan. Tak hanya itu, Kerajaan Sriwijaya juga memiliki armada laut yang menguasai wilayah Nusantara dengan dukungan kemajuan perdagangan, terutama yang dilakukan di pelabuhan-pelabuhan.

Apakah Kerajaan Sriwijaya memiliki peninggalan budaya?

Walaupun kerajaan Sriwijaya merupakan pusat agama Buddha di luar India, Sriwijaya tidak memiliki peninggalan budaya berupa candi-candi atau archa dalam bidang kebudayaan. Kepercayaan kerajaan Sriwijaya merupakan Buddha Mahayana.

Mengapa kerajaan Sriwijaya dikatakan sebagai kerajaan maritim dan kerajaan nasional pertama?

Wilayah Kerajaan Sriwijaya, yaitu hampir seluruh pulau Sumatera, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Semenanjung Melayu, Selat Malaka, Selat Karimata, Selat Sunda. Sehingga Sriwijaya disebut kerajaan nasional pertama.

Apa bukti bahwa Kerajaan Sriwijaya merupakan kerajaan maritim?

Ciri pulau ini tentu terdiri dari daratan-daratan yang dipisahkan oleh lautan atau bisa jadi sungai. Alasan berikutnya mengapa Kerajaan Sriwijaya disebut kerajaan maritim yaitu adanya penguasaan lautan atau wilayah perairan yang luas dari Kerajaan Sriwijaya ini.

Mengapa kerajaan Sriwijaya disebut sebagai Negara nasional pertama di Indonesia?

Sriwijaya merupakan nama dari sebuah kerajaan yang dikenal sebagai Kerajaan Nusantara I (satu). Hal ini karena wilayah kekuasaannya disebut-sebut meliputi wilayah Nusantara saat ini, bahkan lebih besar dari itu. Kerajaan Sriwijaya merupakan kerajaan bahari yang pernah berdiri di Nusantara.

Mengapa kerajaan Sriwijaya di anggap sebagai Negara nasional pertama di Indonesia?

Kerajaan Sriwijaya juga sempat menguasai maritim dan perdagangan di kawasan Asia Tenggara. Mengapa Sriwijaya dapat dianggap sebagai kerajaan Nusantara pertama jelaskan, karena wilayahnya begitu luas, hingga meliputi hampir seluruh Indonesia.

You might be interested:  Mengapa Kita Harus Tertib Saat Berolahraga?

Mengapa Sriwijaya disebut sebagai kerajaan Nusantara pertama brainly?

Jawaban. Dikenal sebagai kerajaan maritim karena mempunyai angkatan laut yang tangguh dan wilayah perairan yang luas. Karena begitu luas wilayahnya, maka Sriwijaya disebut sebagai Kerajaan Nusantara pertama.

Mengapa kerajaan Sriwijaya dan Majapahit mendapat sebutan negara nasional Indonesia 1 dan 2?

Baik itu Sriwijaya dan Majapahit disebut sebagai Kerajaan Nasional karena keduanya diketahui mampu menguasai hampir seluruh wilayah di nusantara di masa kejayaannya.