Mengapa Kita Harus Mempunyai Rasa Toleransi?

Alasan Mengapa Kita Harus Berperilaku Toleransi

  • Berprilaku Toleransi Merupakan Perintah Tuhan. Alasan utama mengapa kita harus bersikap dan berperilaku toleransi adalah karena perintah sang pencipta.
  • Sesuai dengan Pancasila. Pancasila yang disusun oleh para pendiri bangsa menyuruh kita untuk saling bertoleransi. Sesuai sila pertama yaitu ketuhanan yang maha esa.
  • Agar tidak ada perselisihan. Jika persatuan Indonesia sudah terlaksana, maka tidak akan ada lagi perselisihan.
  • Terhindar dari perpecahan. Kalau sudah ada perselisihan, maka akan ada potensi untuk perpecahan. Karena itulah toleransi sangat penting untuk mencegah terjadinya perpecahan.
  • Meningkatkan rasa persaudaraan. Rasa toleransi bisa membangun rasa persaudaraan yang tinggi. Karena individu berusaha saling memahami, saling menghargai dan saling menghormati dalam kehidupan antar individu.
  • Sikap toleransi adalah bekal dari hidup rukun, karena dengan cara menghargai dan menghormati perbedaan, perselisihan pun dapat dicegah. Jadi, itulah pentingnya mengembangkan sikap toleransi di kehidupan masyarakat. Setiap perbedaan budaya tersebut harus kita hormati dan hargai, dengan cara mengapresiasi daerah lainnya.

    Mengapa kita harus toleransi?

    Karena, toleransi mengubah kehidupan kita menjadi lebih rukun, nyaman, harmonis dan dapat saling menghargai perbedaan, baik itu ras, budaya, agama, warna kulit, dan hal-hal lainnya. Toleransi tentu tidak hanya didasari pada agama, namun semua hal yang berkaitan dengan perbedaan itu harus kita toleransi, yang artinya saling menghargai dan mengakui.

    Mengapa kita harus berperilaku toleransi terhadap orang lain?

    Mengapa Kita Harus Berperilaku Toleransi? Alasan mengapa kita harus berperilaku toleransi terhadap orang lain karena itu merupakan hal untuk menghormati apa yang dilakukan orang lain dalam hal perbedaan, terutama dalam hal kepercayaan.

    You might be interested:  Kapan Bulan Puasa Di 2021?

    Apa saja ciri-ciri toleransi?

    Toleransi dapat diketahui dengan memperhatikan sikap seseorang terhadap orang-orang di sekitarnya. Adapun ciri-ciri toleransi adalah sebagai berikut: Menghargai dan menghormati orang lain meskipun berbeda agama, suku, dan ras. Menghargai pendapat orang lain yang berbeda.

    Apa contoh toleransi dalam kehidupan kita sehari-hari?

    Contoh toleransi dalam kehidupan kita sehari-hari, ketika ada dua seorang yang bersahabat, namun mereka berdua memiliki hal yang berbeda. Kita contohkan saja warna kulit, namun temannya yang berkulit putih itu sangat menghargai dan tidak pernah mengejek atau melakukan apapun terhadap teman yang kulitnya berwarna hitam.