Mengapa Manusia Perlu Merekam Informasi?

Ilmu pengetahuan merupakan kulminasi dari pengetahuan lainnya dan kulminasi ini diwujudkan dalam bentuk informasi terekam. Demikianlah Beberapa alasan mengapa manusia merekam informasi. Namun dalam tingkatan yang paling sederhana sekaligus mendasar, alasan manusia merekam informasi dikarenakan otak manusia itu ada batasannya,
Basuki (2003) menjelaskan beberapa alasan mengapa manusia merekam informasi, yaitu: Alasan pribadi. Umumnya kita akan menyimpan hal-hal yang bermakna dan bersifat pribadi seperti akta kelahiran, surat nikah, surat kematian, surat cinta dan menulis (merekam) hidup keseharian dalam buku diary. Alasan sosial.

Mengapa manusia berupaya untuk merekam informasi?

Pada dasarnya semua orang memiliki alasan untuk merekam informasi, seorang pakar Manajemen Arsip, Sulityo Basuki, menjelaskan setidaknya ada 7 alasan mendasar kenapa manusia berupaya untuk merekan setiap informasi Pertama: Alasan pribadi. Setiap manusia akan menyimpan informasi yang bermakna dan bersifat pribadi.

Mengapa manusia harus menyimpan informasi yang bermakna dan bersifat pribadi?

Setiap manusia akan menyimpan informasi yang bermakna dan bersifat pribadi. Misalnya surat cinta, akta kelahiran, surat nikah, ataupun merekam catatan dan informasi dalam bentuk blog. Kedua: Alasan sosial. Karena manusia adalah makhluk sosial, maka interaksi manusia dengan masyarakat membutuhkan keterlibatan informasi.

Mengapa manusia sepanjang masa senantiasa beragama?

Agama mengambil bagian pada saat- saat yang paling penting dan pada pengalaman hidup. Agama mengesahkan perkawinan, agama berada dalam kehidupan pada saat- saat yang khusus maupun pada saat- saat yang paling mengerikan. Manusia sepanjang masa senantiasa beragama, karena manusia adalah makhluk yang memiliki fitrah beragama atau bakat beragama.

You might be interested:  Mengapa Masyarakat Bisa Berubah?

Mengapa manusia perlu beragama dan membutuhkan Tuhan?

Hal ini bisa dilihat saat manusia mengalami kesulitan hidup, musibah, dan berbagai bencana. Ia akan mengeluh dan minta pertolongan kepada sesuatu yang serba maha, yang dapat membebaskannya dari keadaan itu. Hal ini dialami oleh setiap manusia. Naluriah inilah yang membuktikan bahwa manusia perlu beragama dan membutuhkan Tuhan.

Mengapa arsip perlu dimanajemen dengan baik?

SAMARINDA – Keberadaan dokumen arsip sangat penting bagi kegiatan pemerintahan, karena berfungsi sebagai pertanggungjawaban pemerintah terhadap pelaksanaan undang-undang dan pengambilan keputusan. Karena itu, diperlukan manajemen pengelolaan arsip yang baik dan bisa tertata, sehingga mudah dicari saat diperlukan.

Mengapa kita membutuhkan arsip?

Informasi yang diperlukan melalui arsip, dapat menghindarkan salah komunikasi, mencegah adanya duplikasi pekerjaan dan membantu mencapai efisiensi kerja. Dalam rangka pelaksanaan kegiatan, arsip mempunyai arti yang sangat penting, yaitu untuk menyusun rencana program kegiatan berikutnya.