Mengapa Membakar Sampah Dapat Mengganggu Lingkungan Masyarakat?

Sampah tidak hanya merusak kelestarian lingkungan, tapi juga mengganggu kesehatan masyarakat. Pencemarannya melalui udara, air, tanah, maupun organisme lain dapat menimbulkan penyakit. Sampah yang tidak terkelola, selain menimbulkan bau tidak sedap dan mengganggu estetika, juga menjadi media perkembangbiakan vektor dan hewan pengerat.
Jawaban: karena akan menyebabkan polusi udara karena menimbulkan debu dan asap hitam yang mengganggu. Sampah yang dibakar juga melepaskan karbondioksida (CO2) yang justru akan memperparah pemanasan global. Selain itu gas chlor yang dihasilkan dari pembakaran sampah juga dapat merusak atmosfer bumi.

Mengapa pembakaran sampah dapat mengganggu lingkungan masyarakat?

Membakar sampah rumah tangga, plastik, dan kayu yang dicat berbahaya bagi lingkungan, karena bahan-bahan tersebut melepaskan bahan kimia beracun yang mencemari udara. Udara yang tercemar karena asap pembakaran sampah dapat dihirup oleh manusia dan hewan, disimpan di tanah, serta terpapar ke permukaan air dan tanaman.

Mengapa membakar tumpukan sampah itu berbahaya brainly?

Jawaban: Sampah yang dibakar hanya akan menimbulkan polusi udara akibat dari asap pembakaran sampah. Asap tersebut memiliki kandungan yang berbahaya untuk kesehatan tubuh, khususnya saluran pernapasan bila dihirup.

Mengapa membakar sampah dapat menimbulkan masalah kesehatan?

-Hasil pembakaran sampah yang mengandung klorin dapat menghasilkan 75 jenis zat beracun lain. – Asap dari pembakaran sampah mengandung benzopirena (gas beracun penyerang jantung) sebanyak 350 kali. Zat ini ditengarai sebagai biang keladi penyebab kanker dan hidrokarbon berbahaya (seperti asam cuka) penyebab iritasi.

You might be interested:  Kapan Hari Jadi Banyuwangi?

Mengapa pembakaran sampah tidak diperbolehkan?

Kita dilarang untuk membakar sampah karena dengan membakar sampah akan menghasilkan karbondioksida (CO2) yang dapat mencemari udara dan menyebakan adanya gas rumah kaca. Dengan adanya gas rumah kaca ini menimbulkan lapisan ozon mengalami kerusakan.

Mengapa pembakaran sampah bisa memicu pencemaran udara?

Menjaga rumah agar bersih dan sehat dengan cara membakar sampah adalah salah besar, karena akan menyebabkan polusi udara karena menimbulkan debu dan asap hitam yang mengganggu. Sampah yang dibakar juga melepaskan karbondioksida (CO2) yang justru akan memperparah pemanasan global.

Apakah pembakaran sampah baik untuk lingkungan?

Tak hanya berdampak pada lingkungan, bahaya membakar sampah sembarangan juga bisa mengancam kesehatan manusia dan menyebabkan berbagai masalah, mulai dari gangguan pernapasan hingga penyakit kronis.

Apakah berbahaya yang dihasilkan dari pembakaran tumpukan sampah?

Hasil pembakaran sampah yang mengandung klorin dapat menghasilkan 75 jenis zat beracun lain. Asap dari pembakaran sampah mengandung benzopirena (gas beracun penyerang jantung) sebanyak 350 kali lebih berbahaya dari pada asap rokok.

Mengapa kita perlu memilah sampah?

Memilah sampah sangat penting karena akan memudahkan proses daur ulang. Sampah yang bisa didaur ulang tentunya tidak akan menjadi sampah yang menggunung di tempat penampungan tadi.

Apa dampak pembakaran sampah pada manusia?

Masalah kesehatan

Asap yang dihasilkan oleh pembakaran sampah halaman belakang terutama mempengaruhi orang-orang dengan sistem pernapasan sensitif, serta anak-anak dan orang tua. Paparan asap rokok juga dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, menyebabkan ruam, mual, dan sakit kepala.

Apakah pembakaran sampah dapat menyebabkan pemanasan global?

Salah satu dampak negatif pembakaran sampah adalah munculnya emisi gas rumah kaca yang menyebabkan terjadinya pemanasan global.