Mengapa Nama Trikoro Dharmo Diubah Menjadi Jong Java?

Pada tanggal 12 Juni 1918 Trikoro Dharmo berubah nama menjadi Jong Java untuk melibatkan berbagai pemuda di Jawa. Oleh karena itu, suku bangsa Sunda, Madura, dan Bali dapat bergabung didalamnya. Dengan demikian, alasan Trikoro Dharmo berubah nama dalah meluaskan pergerakan dengan menyatukan pemuda dari berbagai suku di Jawa.

Apa itu Trikoro Dharmo?

Sementara itu, para anggotanya: Muslich, Musodo, dan Abdul Rachman. Yang diterima sebagai anggota hanya anak-anak sekolah menengah yang berasal dari pulau Jawa dan Madura. Trikoro Dharmo artinya “Tiga Tujuan Mulia”, yaitu: sakti, budi, dan bakti. Adapun tujuan organisasi ini ialah:

Apa tujuan dari Tri Koro Dharmo?

Tri Koro Dharmo bertujuan untuk mempersatukan para pelajar pribumi, menyuburkan minat pada kesenian dan bahasa nasional serta memajukan pengetahuan umum untuk anggotanya.

Apa saja kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh Jong Java (Tri Koro Dharmo)?

Kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh Jong Java (Tri Koro Dharmo) untuk mewujudkan tujuan tersebut, antara lain mendirikan lembaga yang memberi beasiswa, mengadakan pertemuan dan kursus, menerbitkan majalah Tri Koro Dharmo, serta menyelenggarakan pertunjukan kesenian. Anggota: Muslich, Mosodo, dan Abdul Rahman.