Mengapa Styrofoam Tidak Baik Digunakan Sebagai Pembungkus Makanan?

Jawaban: Bahan yang terbuat dari stirofoam tidak baik digunakan sebagai pembungkus makanan karena stirofoam mengandung senyawa kimia polistirena yang diduga memicu munculnya kanker.

Apakah styrofoam aman untuk makanan?

Sementara kemasan makanan atau styrofoam yang sering dipakai untuk menyimpan makanan, hanya mengeluarkan styrene sebanyak sekitar 0,05 ppm. Oleh karena itu, Badan Pengawasan Obat Indonesia menyatakan jika styrofoam aman digunakan untuk makanan. Gangguan kesehatan apa saja yang bisa terjadi akibat adanya kontaminasi zat styrene?

Apakah styrofoam bisa membahayakan tubuh?

Namun, terdapat kandungan di dalam Styrofoam tersebut yang bisa membahayakan tubuh. Bahaya Styrofoam- Berdasarkan informasi yang dilansir dari Theguardian.com, Styrofoam mengandung sebuah zat bernama polystyrene. Ketika Anda mengonsumsi makanan atau minuman dari wadah Styrofoam, maka makanan tersebut berpotensi tercemar polystyrene tersebut.

Apakah styrofoam bisa menyebabkan kanker?

Styrofoam mengandung beberapa zat kimia yang dipercaya bahaya bagi kesehatan manusia. Beberapa di antaranya adalah benzene dan styrene yang telah dibuktikan dapat menyebabkan penyakit kanker.

Apakah styrofoam berpotensi tercampur dengan makanan?

Bahan kimia yang terkandung dalam styrofoam berpotensi tercampur dengan makanan yang menggunakan wadah styrofoam. Bahan kimia yang dimaksud, yakni monomoner stiren (hidrokarbon cair). Faktanya, banyak makanan yang mengandung monomer stiren dalam jumlah kecil padahal tidak terpapar oleh EPS (merek styrofoam).

Mengapa bahan dari styrofoam tidak baik digunakan sebagai pembungkus makanan?

Pembahasan. Bahan yang terbuat dari sterofoam tidak baik digunakan sebagai pembungkus makanan karena terbuat dari zat kimia yang tidak ramah lingkungan. Selain itu, saat semakin tinggi suhu makanan yang ada dalamnya maka akan semakin mudah zat styrene berpindah ke makanan dan membahayakan kesehatan manusia.

You might be interested:  Mengapa Tulisan Menjadi Pembatas Waktu Praaksara?

Mengapa bahan yang terbuat dari styrofoam tidak baik digunakan sebagai pembungkus makanan brainly?

Bahan yang terbuat dari sterofoam tidak baik digunakan sebagai pembungkus makanan adalah karena sterofoam mengandung zat kimia polystyrene. Zat kimia polystyrene dalam sterofoam dapat mencemari makanan. Zat kimia polystyrene bersifat karsinogen pada manusia yaitu zat yang dapat menyebabkan kanker.