Mengapa Suatu Perdagangan Internasional Dapat Mempererat Hubungan Politik?

Perdagangan internasional juga bermanfaat di bidang politik. Perdagangan antar negara bisa mempererat hubungan politik antar negara. Sebaliknya, hubungan politik juga bisa mempererat hubungan dagang. Perdagangan internasional juga berfungsi untuk pertahanan keamanan. Misalnya, suatu negara nonnuklir mau mengembangkan senjata nuklir.

Mengapa perdagangan internasional dapat mempererat hubungan antar bangsa?

Mempererat Hubungan Antar Bangsa Perdagangan internasional dapat mempererat hubungan antar bangsa, dengan adanya perdagangan antar negara maka setiap negara yang bekerja sama akan mempunyai rasa membutuhkan satu sama lain sehingga rasa persahabatan pun akan tumbuh.

Mengapa perdagangan internasional dapat memperluas pasar dan menambah pendapatan?

Dengan adanya perdagangan internasional dapat memperluas pasar dan menambah pendapatan. Tak sedikit pengusaha ataupun produsen di dalam negeri tidak mengoptimalkan produksi ataupun kinerja dari perusahaannya karena mereka takut kelebihan produksi sehingga tidak laku dan membuat harga jual turun yang mengakibatkan kerugian yang besar.

Apa saja manfaat perdagangan internasional bagi suatu negara?

Ada banyak sekali manfaat perdagangan internasional bagi suatu negara. Manfaat-manfaat yang diperoleh bahkan tidak hanya berupa manfaat perekonomian saja. Contohnya saja, bermula dari perdagangan nasional, satu negara bisa menjalin kerjasama politik hingga militer dengan negara yang unggul di bidang militer.