Mengapa Ujian Nasional Dihapus?

UN sudah ditiadakan sejak tahun 2020 karena pandemi Covid-19. UN akan diganti Asesmen Nasional (AN) pada tahun 2021.

Mengapa UN 2021 dihapus?

Melansir dari laman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), SE Mendikbud tentang peniadaan UN dikarenakan penyebaran virus Covid-19 yang semakin meningkat (4/2/2021).

Apakah benar bahwa ujian nasional akan dihapuskan?

Surat edaran tersebut menyebutkan, Ujian Nasional (UN) dan ujian kesetaraan tahun 2021 ditiadakan. Dengan begitu, UN dan ujian kesetaraan tidak menjadi syarat kelulusan atau seleksi masuk ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Kenapa sekarang tidak ada UN?

Mendikbudristek Nadiem Makarim mengatakan, penghapusan UN bukan hanya karena pandemi COVID-19. Menurutnya, UN kerap menjadi ajang diskriminasi. Diskriminasi pada Ujian Nasional terkait dengan penyediaan fasilitas. Orang tua dari siswa mampu bisa menyediakan bimbingan belajar (bimbel).

Apakah UN sudah dihapus 2022?

Ujian Nasional (UN) sudah tidak diberlakukan lagi di jenjang sekolah dasar (SD) hingga sekolah menengah. Hal ini telah diatur dalam Surat Edaran (SE) Mendikbud No 1 Tahun 2021 tentang Peniadaan UN dan Ujian Kesetaraan serta pelaksanaan Ujian Sekolah (US).

Apa pengganti UN 2021?

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim resmi mengganti Ujian Nasional (UN) 2021 menjadi Asesmen Nasional (AN). Pergantian ini disebut sebagai penanda perubahan terkait evaluasi pendidikan di Indonesia.

You might be interested:  Mengapa Tulang Berfungsi Sebagai Alat Gerak Pasif?

Kapan UN akan dihapuskan?

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Nadiem Makarim resmi menghapus Ujian Nasional (UN) 2021. Berikut poin-poin pentingnya. TRIBUNNEWS.COM – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Nadiem Makarim resmi menghapus Ujian Nasional (UN) 2021.

Apakah pengganti dari UN?

KOMPAS.com – Dalam waktu dekat, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi akan menggelar Asesmen Nasional (AN) sebagai pengganti Ujian Nasional (UN) di tahun 2021. Perkiraan, AN akan dimulai pada September 2021.

Apakah tahun 2021 ada yang tidak lulus?

Dengan ditiadakannya ujian nasional dan ujian kesetaraan tahun 2021, maka keduanya tidak menjadi syarat kelulusan atau seleksi masuk ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Ujian Nasional 2021 kapan?

Kemendikbud Tiadakan Ujian Nasional 2021 04 Februari 2021 ← Back. Jakarta, Kemendikbud — Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memutuskan untuk meniadakan ujian nasional (UN) dan ujian kesetaraan di tahun 2021.

Adakah Ujian Nasional tahun 2021?

Dan terbaru, Bapak Nadiem Makarim, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan saat ini, mengeluarkan Surat Edaran Nomor 1 Tahun 2021 yang menyatakan bahwa Ujian Nasional ditiadakan. Yes, Sobat Pintar. Penghapusan UN ini berlaku untuk kelulusan tahun 2021 disebabkan oleh pandemi Covid-19 yang masih terus berlangsung.

Apakah tahun 2022 ada UN SMA?

Hops.ID – Ujian Nasional atau UN 2022 ditiadakan. UN juga tidak hanya ditiadakan di Sekolah Dasar (SD) melainkan juga pada Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA).

Apakah 2022 Ada UN SMA?

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kalsel memastikan di 2022 ini tak ada lagi ujian nasional bagi siswa SMA dan SMK seperti halnya tahun lalu. Sesuai SE Mendikbud no 1 tahun 2021 mulai tahun 2021 tidak ada lagi Ujian Nasional.

You might be interested:  Mengapa Aurora Hanya Terjadi Di Kutub Utara Dan Selatan?

Kelulusan 2022 bulan apa?

Kelulusan SMA, SMALB, Program Paket C atau sederajat ditetapkan tanggal 5 Mei 2022, jadi Taggal Kelulusan siswa SMA Tahun 2022 adalah tanggal 5 Mei 2022;.