Mengapa Wilayah Indonesia Sangat Cocok Untuk Kegiatan Pertanian?

Karena Wilayah Indonesia Memiliki Tanah Yang Cukup Subur Untuk Kegiatan Pertanian. Penjelasan: Tanah Subur : Tanah Yang Subur Adalah Tanah Memiliki Sifat Fisik, Kimia Dan Biologis Yang Mendukung Pertumbuhan Dan Produksi Tanaman, Karena Adanya Beragam Kandungan Dalam Tanah.

Mengapa Indonesia cocok untuk kegiatan pertanian?

Kondisi curah hujan tinggi dan penyinaran matahari yang cukup membuat Indonesia sangat cocok untuk kegiatan pertanian, sehingga mampu memenuhi kebutuhan pangan penduduk. Dengan suhu yang tinggi dan curah hujan besar, penduduk Indonesia dapat melakukan berbagai aktivitas sepanjang tahun tanpa banyak terkendala oleh faktor iklim.

Apa manfaat pertanian bagi perekonomian Indonesia?

Sektor pertanian merupakan sumber kehidu pan manusia dan juga sektor yang menjanjikan bagi perekonomian Indonesia. Pertanian salah satu pilar bagi kehidupan bangsa. Bertani adalah pekerjaan yang mulia, selain untuk kehidupannya sendiri, juga penting bagi kelestarian alam dan makluk hidup lainnya. 4. Di dukung oleh alam di Indonesia.

You might be interested:  Mengapa Kita Harus Hidup Rukun Dengan Siapa Saja?

Bagaimana kondisi sektor pertanian di Indonesia?

Terlebih, dalam beberapa tahun terakhir ini pemerintah Indonesia sudah beberapa kali melakukan impor bahan pokok (pangan) seperti kedelai, beras maupun gula pasir. Hal ini menunjukkan bahwa kondisi sektor pertanian di Indonesia belum kokoh. Namun demikian setidaknya ada program guna antisipasi dini agar bangsa ini terhindar dari rawan pangan.

Bagaimana kerangka dasar pembangunan pertanian yang kokoh dan tangguh?

Berangkat dari kondisi tersebut perlu disusun sebuah kerangka dasar pembangunan pertanian yang kokoh dan tangguh, artinya pembangunan yang dilakukan harus didukung oleh segenap komponen secara dinamis, ulet, dan mampu mengoptimalkan sumberdaya, modal, tenaga, serta teknologi sekaligus mampu menciptakan kesejahteraan masyarakat.

Mengapa wilayah Indonesia cocok untuk pertanian?

Karena keadaan tanah di negara Indonesia memiliki kandungan humus yang subur sehingga sangat cocok untuk dijadikan lahan pertanian.

Mengapa wilayah Indonesia sangat cocok untuk kegiatan pertanian dan peternakan?

karena iklim di Indonesia adalah tropis,sehingga banyak ditumbuhi tumbuhan akibatnya kegiatan peternakan sangat cocok.

Apakah di Indonesia cocok untuk kegiatan pertanian?

ya, Indonesia sangat cocok untuk kegiatan pertanian. karena Indonesia memiliki letak astronomis yang terletak di antara 7°LU – 11°LS. lokasi astronomis ini membuat Indonesia beriklim tropis. pertanian padi merupakan contoh dari tanaman yang tumbuh subur di wilayah tropis ini.

Mengapa tanah di Indonesia subur dan mudah ditanami tanaman pangan?

Indonesia memiliki banyak gunung berapi yang menyebabkan tanah disebagian besar penduduk Indonesia memanfaatkan kesuburan tanah untuk. Indonesia subur dan mudah ditanami tanaman pangan.

Apa yang menyebabkan tanah menjadi subur?

Kandungan Hara Tinggi

Hara merupakan salah satu zat yang dibutuhkan tanaman agar dapat tumbuh subur. Tanah yang baik harus banyak mengandung bahan organik dan unsur lain yang diperlukan tanaman. Kandungan nutrisi atau humus dalam tanah mempengaruhi dan dipengaruhi mikrorganisme yang ada dalam tanah.

You might be interested:  Mengapa Bangsa Indonesia Memilih Dasar Negara Ideologi Pancasila?

Mengapa sebagian besar penduduk Indonesia lebih banyak yang bekerja di sektor pertanian?

Indonesia memiliki kondisi geografis yang mendukung, yang mana Indonesia terletak di garis khatulistiwa, sehingga Indonesia memiliki iklim tropis yang mendukung untuk sektor pertanian. Indonesia memiliki tanah yang subuh, sehingga penduduk Indonesia memanfaatkannya untuk pertanian dan perkebunan.

Apa saja faktor yang mendukung berkembangnya usaha peternakan di Indonesia?

Faktor pendukung :

  • Semakin berkembangnya pabrik makanan ternak siap pakai dan obat-obatan yang semakin tersebar di berbagai provinsi.
  • semakin berkembangnya industri pembibitan hewan ternak.
  • Berkembangnya industri2 yang menerima hasil ternak dari peternakan di Indonesia.
  • Apa hasil utama kegiatan pertanian di dataran rendah?

    Contoh hasil pertanian yang dilakukan di dataran rendah adalah beras, kelapa, jagung, sawi, kangkung, pisang, jeruk, manga, sawo, bunga anggrek, bunga mawar, bunga lili, leci, umbi-umbian dan kacang-kacangan. Dataran rendah memiliki hutan dataran rendah yang luas dengan potensi perkebunan yang besar.

    Daerah apakah yang cocok untuk lahan pertanian?

    Jawaban. Jawaban: wilayah lahan pertanian dan industri adalah dataran rendah.

    Apa saja jenis pertanian di Indonesia?

    Aktivitas pertanian di Indonesia dibedakan menjadi tiga jenis, yakni pertanian lahan basah, pertanian lahan kering, dan perkebunan. Berikut ulasan mengenai ketiganya yang bisa perlu ketahui. Pada umumnya, pertanian lahan basah dikenal oleh masyarakat luas sebagai sawah.

    Mengapa tanah yang subur harus mengandung unsur hara lengkap dan seimbang?

    Tanah dapat dikatakan subur apabila tanah memiliki kandungan unsur hara yang cukup untuk mendukung pertumbuhan tanaman. Kandungan unsur hara yang cukup dalam tanah akan membantu pertumbuhan tanaman sehingga tanaman mampu menghasilkan produk dengan kualitas dan kuantitas baik.

    Mengapa tanah Andosol sangat subur?

    Tanah Andosol merupakan tanah yang subur karena berasal material hasil letusan gunung api. Pemanfaatan tanah ini banyak untuk tanaman perkebunan dan hortikultura. Salah satu penghambat penggunaan tanah Andosol untuk pertanian adalah masalah kemiringan yang curam sehingga rawan longsor.

    You might be interested:  Kapan Pergantian Hari Dalam Islam?

    Mengapa tanah lebih subur di pulau Jawa dibandingkan kalimantan sulawesi dan papua?

    Karena di pulau jawa terdapat lebih banyak gunung berapi yang aktif, sehingga abu vulkanik dari gunung yang meletus menyuburkan tanah.