Apa Yang Dimaksud Dengan Pendidikan Karakter?

Apa itu pendidikan karakter dan contohnya?

Pendidikan karakter merupakan bentuk kegiatan manusia yang di dalamnya terdapat suatu tindakan yang mendidik diperuntukkan bagi generasi selanjutnya. Tujuan pendidikan karakter adalah untuk membentuk penyempurnaan diri individu secara terus-menerus dan melatih kemampuan diri demi menuju kearah hidup yang lebih baik.

Apa Pengertian pendidikan karakter Menurut Lickona?

Terminologi pendidikan karakter mulai dikenalkan sejak tahun 1900- an. Pendidikan karakter menurut Thomas Lickona mengandung tiga unsur pokok, yaitu mengetahui kebaikan (knowing the good), mencintai kebaikan (desiring the good), dan melakukan kebaikan (doing the good).

Apa yang dimaksud dengan pendidikan karakter menurut UU pendidikan Nasional?

1. Pendidikan karakter adalah suatu sistem penamaan nilai-nilai karakter yang meliputi komponen pengetahuan, kesadaran atau kemauan, dan tindakan untuk melaksanakan nilai-nilai tersebut, baik terhadap Tuhan Yang Maha Esa, diri sendiri, sesama, lingkungan, maupun kebangsaan.

Apa saja pendidikan karakter di sekolah?

18 NILAI NILAI KARAKTER

  1. Religius. Sikap dan perilaku yang patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya, toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain, dan hidup rukun dengan pemeluk agama lain.
  2. Jujur.
  3. Toleransi.
  4. Disiplin.
  5. Kerja Keras.
  6. Kreatif.
  7. Mandiri.
  8. Demokratis.
You might be interested:  Siapakah Nama Murid Yang Mengkhianati Yesus?

Pendidikan karakter tanggung jawab siapa?

” Pendidikan karakter menjadi tanggung jawab semua pihak, guru, kepala sekolah, orang tua, pemerintah, dan masyarakat,” ungkap Kang Cecep kepada Humas ISPI.

5 Apakah yang dimaksud dengan pendidikan karakter Menurut Lickona?

Menurut Thomas Lickona, pengertian pendidikan karakter adalah suatu usaha yang disengaja untuk membantu seseorang sehingga ia dapat memahami, memperhatikan, dan melakukan nilai-nilai etika yang inti.

Apa pengertian pendidikan karakter menurut Suryanto?

Pengertian pendidikan karakter menurut Suyanto (2009) Menurut Suyanto, pendidikan karakter merupakan cara berpikir dan berperilaku yang menjadi ciri khas tiap individu untuk hidup dan bekerja sama, baik dalam lingkup keluarga, masyarakat, bangsa, maupun negara.

Apa yang dimaksud dengan pendidikan karakter dan budaya bangsa?

Pendidikan yang berbasis karakter dan budaya bangsa adalah pendidikan yang menerapkan prinsip-prinsip dan me- todologi ke arah pembentukan karakter anak bangsa pada peserta didiknya melalui kurikulum terintegrasi yang dikembang- kan di sekolah.

Apakah yang pengertian dari pendidikan karakter secara formal *?

Dalam lingkup pendidikan formal, pendidikan karakter di sekolah berfungsi untuk membentuk karakter peserta didik agar menjadi pribadi yang berakhlak mulia, bermoral, tangguh, berperilaku baik, dan toleran.

Bagaimana amanah Undang Undang Sisdiknas tahun 2003 tentang pendidikan karakter?

Pasal I UU Sisdiknas tahun 2003 menyatakan bahwa di antara tujuan pendidikan nasional adalah mengembangkan potensi peserta didik untuk memiliki kecerdasan, kepribadian, dan akhlak mulia. Amanah UU Sisdiknas tahun 2003 itu bermaksud agar pendidikan tidak hanya membentuk insan Indonesia yang cerdas, namun juga

Mengapa pendidikan karakter penting dilaksanakan pada semua satuan pendidikan?

Pendidikan karakter adalah pendidikan yang sangat penting bagi kita terutama bagi anak-anak yang masih dalam dunia pendidikan, karena pendidikan karakter dalam dunia pendidikan ini dijadikan sebagai wadah atau proses untuk membentuk pribadi anak agar menjadi pribadi yang baik.

You might be interested:  Universitas Yang Ada Di Jogjakarta?

Apa saja nilai-nilai pendidikan karakter *?

Nilai – nilai karakter yang perlu dikembangkan meliputi: religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab dan

Bagaimana cara menerapkan pendidikan karakter di sekolah?

10 Strategi Menanamkan Nilai-nilai Pendidikan Karakter di Kelas

  1. Memberikan Contoh yang Baik untuk Siswa.
  2. Memberikan Apresiasi.
  3. Memberikan Pesan Moral pada Setiap Pelajaran.
  4. 4. Jujur dan Terbuka pada Kesalahan.
  5. Mengajarkan Sopan Santun.
  6. 6. Biarkan Siswa menjadi Pemimpin.
  7. 7. Berbagi Pengalaman Inspiratif.
  8. 8. Literasi Sekolah.

Kegiatan apa saja yang dilakukan di kelas untuk penerapan pendidikan karakter?

Dalam pelaksanaan kegiatan sehari-hari di sekolah, penanaman nilai-nilai karakter dapat dilakukan dalam beberapa bentuk kegiatan, meliputi:

  • Literasi sekolah.
  • Kegiatan extrakurikuler.
  • Kegiatan awal dan akhir pembelajaran.
  • Pembiasaan.
  • Penetapan tata tertib sekolah.