Bagaimana Peran Guru Dalam Supervisi Pendidikan?

Bagaimana kedudukan guru sebagai supervisi?

Peran guru sebagai supervisor terkait dengan pemberian bimbingan dan pengawasan kepada peserta didik, memahami permasalahan yang dihadapi peserta didik, menemukan permasalahan yang terkait dengan proses pembelajaran, dan akhirnya memberikan jalan keluar pemecahan masalahnya.

Mengapa guru guru membutuhkan supervisi pendidikan?

Keberadaan supervisi pendidikan memiliki peran penting dalam mengawasi, mengamati dan mengarahkan kinerja guru dalam membimbing anak didik menjadi insan yang berkualitas. Maka untuk meningkatkan kualitas guru dalam proses pembelajaran maka diperlukanya supervisi pendidikan.

Langkah langkah dalam melakukan supervisi pendidikan?

pelaksanaan supervisi dilaksanakan melalui tiga tahap yaitu:

  1. Perencanaan. Kegiatan perencanaan mengacu pada kegiatan identifikasi permasalahan.
  2. Pelaksanaan. Kegiatan pelaksanaan merupakan kegiatan nyata yang dilakukan untuk memperbaiki atau meningkatkan kemampuan Pendidik.
  3. Evaluasi.
  4. Tindak Lanjut.

Mengapa supervisi pendidikan menjadi hal yang penting dalam pengembangan profesionalisme tenaga pendidik?

Peranan supervisi akademik kepala sekolah dan profesionalisme guru di sekolah sangat besar, karena supervisi yang dilakukan kepala sekolah secara terus menerus dan kontinu dapat meningkatkan mutu pembelajaran yang pada akhirnya dapat meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia.

Bagaimana peran dan tugas guru?

Sedangkan pada Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang guru dan dosen, di sana dikatakan bahwa guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini melalui jalur formal pendidikan dasar dan

You might be interested:  Universitas Yang Menyediakan Jurusan Astronomi?

Bagaimana peran dan tugas guru dalam pembelajaran?

Guru adalah faktor penentu keberhasilan proses pembelajaran yang berkualitas. Menurut Sardiman (1992), peran guru dalam proses pembelajaran adalah sebagai Informator, Organisator, Motivator, Pengarah/Direktor, Inisiator,Transmiter, Fasilitator, Mediator, dan Evaluator.

Langkah-langkah dalam supervisi yang dilakukan oleh kepala sekolah kepada guru?

Terdapat minimal empat kegiatan yang dilaksanakan oleh kepala sekolah pada tahap pelaksanaan supervise akademik ini yaitu:

  1. Melaksanakan Supervisi Perangkat Pembelajaran.
  2. Melakasanakan Supervisi Pemantauan RPP.
  3. Melaksanakan Supervisi Proses Pembelajaran.
  4. Melaksanakan Supervisi Penilaian Hasil Belajar.

Langkah-langkah dalam pelaksanaan supervisi klinis?

Sedangkan Soetjipto dan Kosasi (2009:249) menjelaskan “lima langkah atau tahap dalam supervisi klinis yaitu: pembicaraan pra observasi, melaksanakan observasi, melakukan analisis dan menentukan strategi, melakukan pembicaraan tentang hasil supervisi, dan melakukan analisis setelah pembicaraan”.

Bagaimana prosedur supervisi manajerial?

Prosedur supervisi manajerial meliputi pemantauan dengan mengisi instrumen dari pengawas dan penelaahan dokumen, pendampingan yang dilakukan oleh pengawas untuk peningkatan kinerja pengelolaan manajerial sekolah yang memiliki aspek Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Peserta Didik, Manajemen, Perpustakaan,

Apa yang dimaksud dengan supervisi pembelajaran dan pengembangan profesionalisme guru?

Imron (2013) mengungkapkan bahwa supervisi pembelajaran merupakan salah satu kegiatan pengembangan profesionalitas atau staff development bagi guru. Kemampuan yang dimiliki oleh guru sebelumnya dikembangkan secara terus menerus melalui perbaikan-perbaikan yang salah satunya dilakukan melalui supervisi pembelajaran.

Mengapa supervisi penting sekali dilakukan oleh sekolah?

Supervisi pembelajaran penting sekali dilaksanakan secara menyeluruh di sekolah dasar (SD). Karena dengan supervisi dapat diketahui kelemahan-kelemahan yang terdapat di sekolah. Baik dari potensi pendidik dan tenaga kependidikannya, peserta didik ataupun lingkungan sekolah yang dapat mempengaruhi kualitas sekolah.

Mengapa harus mempelajari supervisi?

Supervisi pendidikan adalah satu elemen krusial dalam pendidikan yang mendorong perbaikan demi perbaikan untuk mewujudkan tujuan dan cita-cita bersama. Supervisi juga bertujuan membangun kebersamaan dan kekompakan dalam melangkah sesuai target yang ditentukan.