FAQ: Apa Itu Sistem Zonasi Pendidikan?

Sistem zonasi itu bagaimana?

Jalur sistem zonasi merupakan jalur penerimaan siswa berdasarkan zona tempat tinggal. Penggunaan sistem zonasi untuk penerimaan siswa baru merupakan salah satu jalur untuk bisa diterima di sekolah. Penerapan sistem zonasi sebenarnya menyasar siswa baru agar mendaftar sekolah sesuai tempat tinggal.

Apa yang dimaksud zonasi sekolah?

Pada dasarnya, sistem zonasi sekolah adalah salah satu jalur penerimaan siswa baru berdasarkan pada zona tempat tinggalnya. Terlepas dari pengertian zonasi sekolah yang ada, sistem ini ditujukan agar kita mendaftar sekolah lanjutan sesuai dengan lokasi tempat tinggal.

Apa yang dimaksud jalur zonasi PPDB?

Seleksi jalur zonasi adalah Jalur pendaftaran bagi anak-anak yang berdomisili di dalam wilayah zonasi yang telah ditetapkan dengan memperhatikan sebaran sekolah, data sebaran domisili calon peserta didik dan kapasitas daya tampung sekolah yang disesuaikan dengan ketersediaan jumlah anak usia sekolah pada setiap jenjang

Apa itu jalur zonasi SMA?

Jalur zonasi diperuntukkan bagi calon peserta didik baru (CPDB) yang berdomisili di wilayah zonasi yang telah ditetapkan dengan memperhatikan sebaran sekolah, kapasitas daya tampung sekolah, hingga data sebaran domisili CPDB.

Sistem zonasi dari kapan?

Sistem zonasi mulai digunakan pada tahun 2017 dalam penataan sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 14 Tahun 2018, tentang Penerimaan Peserta Didik Baru pada Taman Kanak-kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas,

You might be interested:  Universitas Yang Memiliki Jurusan Filsafat?

Bagaimana cara melihat zonasi sekolah?

#1 Menggunakan Smartphone Android

  1. Buka aplikasi Google Maps di ponsel Anda.
  2. Masukkan lokasi rumah Anda.
  3. Setelah muncul point lokasi berwarna merah, klik Info Selengkapnya.
  4. Kemudian klik Ukur Jarak.
  5. Selanjutnya arahkan pointer ke sekolah tujuan dengan cara menggeser peta Google Maps sampai di lokasi sekolah.

Apakah PPDB 2021 masih zonasi?

Melansir laman Kemendikbud, PPDB 2021 untuk SD, SMP, dan SMA dilaksanakan melalui beberapa jalur yakni zonasi, afirmasi, perpindahan tugas orang tua atau wali dan melalui jalur prestasi.

Berapa sekolah yang bisa dipilih di PPDB 2021?

Pendaftaran dan pemilihan sekolah Maksimal 3 sekolah untuk jenjang SMP, sesuai daftar zona sekolah yang telah ditetapkan. Maksimal 3 peminatan untuk jenjang SMA. Pilihan 3 peminatan dapat dipilih pada 1 sekolah atau ada sekolah yang berbeda, sesuai daftar zona sekolah yang telah ditetapkan.

Jalur zonasi untuk apa?

Jalur zonasi diperuntukkan bagi calon peserta didik baru (CPDB) yang berdomisili di wilayah zonasi yang telah ditetapkan dengan memperhatikan sebaran sekolah, kapasitas daya tampung sekolah, hingga data sebaran domisili CPDB.

Apa yang dimaksud jalur Boarding School?

Boarding School adalah sekolah dengan tinggal di asrma. Yang membedakan dengan sekolah umum selain tinggal di asrama adalah adanya tambahan pondok pesantren yang include didalamnya. Dapat dikatakan bahwa Boarding School adalah perpaduan antara persekolahan dengan dunia pondok pesantren.

Bagaimana sistem PPDB tahun 2021?

Aturan Baru PPDB 2021 Pemerintah Daerah bisa melibatkan sekolah swasta dalam PPDB yang mekanismenya diserahkan kepada masing-masing pemerintah daerah. Jika daya tampung sekolah di wilayah zonasi peserta tak tersedia, maka peserta bisa disalurkan ke sekolah di luar wilayah zonasi atau pemerintah daerah terdekat.

You might be interested:  Murid Tuhan Yesus Yang Dijuluki Sebagai Penjala Manusia Adalah?

Kapan PPDB Jalur zonasi SMA dibuka?

JAKARTA, KOMPAS.com – Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru ( PPDB ) jalur zonasi untuk jenjang SMP/ SMA mulai dibuka pada Senin (28/6/2021). Pendaftaran jalur zonasi untuk jenjang SMP dan SMA dibuka hingga Rabu, 30 Juni 2021 pukul 15.00 WIB. Jalur ini telah dibuka sejak 7 Juni 2021.

Kapan PPDB Jalur zonasi ditutup?

Pendaftaran PPDB Banten Jenjang SMA Jalur Zonasi Ditutup Hari Ini, 24 Juni 2021 Pukul 23.59 WIB.

Apakah 2022 ada zonasi?

Rincian Kuota PPDB DKI 2021- 2022, Tidak Ada Jalur Zonasi untuk SMK.