Jawaban Cepat: Yang Bertanggung Jawab Atas Pendidikan?

Siapakah yang bertanggung jawab terhadap pendidikan luar sekolah?

(1) Pembinaan pendidikan luar sekolah sebagai bagian dari sistem pendidikan nasional baik yang diselenggarakan oleh Pemerintah, badan, kelompok atau perorangan merupakan tanggung jawab Menteri.

Siapa yang bertanggung jawab atas pendidikan di dalam keluarga?

Pendidikan dalam keluarga merupakan pendidikan pertama dan utama, di mana pendidik yang paling bertanggung jawab terhadap perkembangan seorang anak adalah orang tua. Kaidah ini ditetapkan secara kodrati, karena mereka ditakdirkan menjadi orang tua anak yang dilahirkan.

Siapakah yang terlibat dan bertanggung jawab terhadap terselenggaranya pendidikan?

Setiap warga negara bertanggung jawab terhadap keberlangsungan penyelenggaraan pendidikan. Orang tua berhak berperan serta dalam memilih satuan pendidikan dan memperoleh informasi tentang perkembangan pendidikan anaknya. Orang tua dari anak usia wajib belajar, berkewajiban memberikan pendidikan dasar kepada anaknya.

Siapa saja yang bertanggung jawab atas pendidikan?

Untuk memajukan dunia pendidikan, bukan hanya tugas sekolah atau lembaga pendidikan, tetapi juga menjadi tanggung jawab keluarga dan masyarakat. Apalagi keluarga merupakan pihak yang pertama kali dalam memberikan pendidikan karakter pada anak.

You might be interested:  Pertanyaan: Bagaimana Pengaruh Globalisasi Di Bidang Pendidikan?

Siapa saja yang menjadi sasaran pendidikan luar sekolah?

Sasaran populasi pendidikan luar sekolah sebagai suplemen adalah anak-anak, remaja, pemuda, atau orang dewasa, yang telah menyesuaikan jenjang pendidikan sekolah tertentu (SD sampai dengan perguruan tinggi).

Program pendidikan luar sekolah apa saja?

Program PLS di Indonesia

  1. Pendidikan Anak Usia Dini.
  2. Pendidikan Keaksaraan.
  3. Pendidikan Kesetaraan.
  4. Pendidikan Kursus dan Pelatihan.
  5. Pengembangan Budaya Baca dan Pembinaan Perpustakaan.
  6. Pendidikan Pemberdayaan Perempuan.
  7. Pengarusutamaan Gender (PUG)
  8. Pemberdayaan Kelembagaan PNFI.

Bagaimana tanggung jawab orang tua dalam keluarga?

Orang tua ( keluarga ) yang bertanggung jawab yang paling utama atas perkembangan dan kemajuan anak. Orang tua memiliki tanggung jawab untuk mendidik, mengasuh dan membimbing anak-anaknya untuk mencapai tahapan tertentu yang menghantarkan anak untuk siap dalam kehidupan bermasyarakat.

Siapa yang bertanggung jawab terhadap keluarga menurut Islam?

Rasulullah SAW bersabda: ‘Semua kamu adalah pemimpin, dan setiap pemimpin akan Seorang penguasa adalah pemimpin dan penanggung jawab rakyatnya. Seorang laki-laki adalah pemimpin dan penanggung jawab keluarganya. Dan seorang wanita adalah pemimpin dan penanggung jawab rumah dan anak-anak suaminya.

Bagaimana tanggung jawab anak dalam keluarga?

Memelihara kebersihan, kenyamanan, keamanan dalam keluarga. Memathui aturan yang ditetapkan bersama. Bertingkah laku sesuai norma dan aturan yang berlaku dalam keluarga. Menjaga keharmonisan keluarga dengan saling menyayangi, menghormati, dan menghargai.

Siapakah yang paling bertanggung jawab dalam pendidikan di Indonesia?

Pemerintah merupakan penanggungjawab pendidikan atas dasar pertimbangan; 1) Pancasila yang berbunyi “keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia ”.

Dalam UU No 20 tahun 2003 Siapa saja yang bisa dikatakan sebagai tenaga kependidikan tenaga pendidik dan pengelola satuan pendidikan?

Pendidik adalah tenaga kependidikan yang berkualifikasi sebagai guru, dosen, konselor, pamong belajar, widyaiswara, tutor, instruktur, fasilitator, dan sebutan lain yang sesuai dengan kekhususannya, serta berpartisipasi dalam menyelenggarakan pendidikan.

You might be interested:  Pertanyaan: Apa Yang Dimaksud Dengan Landasan Historis Pendidikan Pancasila?

Siapakah sajakah yang Bertanggung Jawab pendidikan Islam?

Dalam perspektif pendidikan Islam, tanggung jawab pendidikan Islam dilaksanakan oleh kedua orang tua, guru, sekolah, lingkungan sekitar, pemerintah dan pihak lain yang berkepentingan dalam dunia pendidikan.

Apa yang harus dilakukan jika pemerintah tidak mampu memberikan pendidikan yang layak?

memberikan dana kepada orang yang tidak mampu agar dapat menikmati pendidikan yang layak. membuat program wajib belajar. membuat program kejar paket. pemerintah lebih memperhatikan rakyat yang tidak mendapat pendidikan.