Pertanyaan: Apa Pengertian Pendidikan Karakter?

Jelaskan apa yang dimaksud dengan pendidikan karakter?

Pendidikan karakter adalah suatu sistem pendidikan yang bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai karakter tertentu kepada peserta didik yang di dalamnya terdapat komponen pengetahuan, kesadaran atau kemauan, serta tindakan untuk melakukan nilai-nilai tersebut.

Apakah pengertian pendidikan karakter menurut para ahli?

2. Pengertian Pendidikan Karakter Menurut Samani dan Hariyanto (2013:45) dalam bukunya menjelaskan bahwa pendidikan karakter adalah proses pemberian tuntunan kepada peserta didik untuk menjadi manusia seutuhnya yang berkarakter dalam dimensi hati, pikir, raga serta rasa dan karsa.

Apa itu pendidikan karakter dan contohnya?

Pendidikan karakter merupakan bentuk kegiatan manusia yang di dalamnya terdapat suatu tindakan yang mendidik diperuntukkan bagi generasi selanjutnya. Tujuan pendidikan karakter adalah untuk membentuk penyempurnaan diri individu secara terus-menerus dan melatih kemampuan diri demi menuju kearah hidup yang lebih baik.

Apa Pengertian pendidikan karakter Menurut Lickona?

Terminologi pendidikan karakter mulai dikenalkan sejak tahun 1900- an. Pendidikan karakter menurut Thomas Lickona mengandung tiga unsur pokok, yaitu mengetahui kebaikan (knowing the good), mencintai kebaikan (desiring the good), dan melakukan kebaikan (doing the good).

You might be interested:  Berikut Ini Yang Menjadi Hak Seorang Murid Di Sekolah Adalah?

Apa yang dimaksud dengan pendidikan karakter secara formal?

Dalam lingkup pendidikan formal, pendidikan karakter di sekolah berfungsi untuk membentuk karakter peserta didik agar menjadi pribadi yang berakhlak mulia, bermoral, tangguh, berperilaku baik, dan toleran.

Dimanakah pendidikan karakter dilaksanakan?

Dimanakah dilaksanakan Pendidikan Karakter Bangsa itu? Pendidikan Karakter Bangsa dilaksanakan di setiap lini pendidikan yaitu formal, non formal, dan informal.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan pendidikan karakter menurut Muslich 2011 )? *?

Masnur Muslich menyatakan bahwa pendidikan karakter adalah suatu sistem pemahaman nilai-nilai karakter kepada warga sekolah yang meliputi komponen pengetahuan, kesadaran, kemauan, dan tindakan untuk melaksanakan nilai-nilai tersebut, baik terhadap Tuhan Yang Maha Esa (YME), diri sendiri, sesama, lingkungan, maupun

Apa pengertian karakter menurut Koesoema?

Secara umum menurut Doni Koesoema A. ( 2010:79) karakter dapat didefinisikan sebagai unsur psikososial yang dikaitkan dengan pendidikan dan konteks lingkungan. Karakter jika dipandang dari sudut behavioral yang menekankan unsur kepribadian yang dimiliki individu sejak lahir.

Apa definisi karakter menurut para ahli?

Menurut Kamisa, pengertian karakter adalah sifat – sifat kejiwaan, akhlak, dan budi pekerti yang dapat membuat seseorang terlihat berbeda dari orang lain. Berkarakter dapat diartikan memiliki watak dan juga kepribadian.

Pendidikan karakter tanggung jawab siapa?

” Pendidikan karakter menjadi tanggung jawab semua pihak, guru, kepala sekolah, orang tua, pemerintah, dan masyarakat,” ungkap Kang Cecep kepada Humas ISPI.

Bagaimana pendidikan karakter yang baik?

10 Strategi Menanamkan Nilai-nilai Pendidikan Karakter di Kelas

  1. Memberikan Contoh yang Baik untuk Siswa.
  2. Memberikan Apresiasi.
  3. Memberikan Pesan Moral pada Setiap Pelajaran.
  4. 4. Jujur dan Terbuka pada Kesalahan.
  5. Mengajarkan Sopan Santun.
  6. 6. Biarkan Siswa menjadi Pemimpin.
  7. 7. Berbagi Pengalaman Inspiratif.
  8. 8. Literasi Sekolah.
You might be interested:  Sering ditanyakan: Uu Sistem Pendidikan Nasional Yang Berlaku Sekarang?

Apa pengertian pendidikan karakter menurut Suryanto?

Pengertian pendidikan karakter menurut Suyanto (2009) Menurut Suyanto, pendidikan karakter merupakan cara berpikir dan berperilaku yang menjadi ciri khas tiap individu untuk hidup dan bekerja sama, baik dalam lingkup keluarga, masyarakat, bangsa, maupun negara.

Apa yang dimaksud dengan pendidikan karakter dan budaya bangsa?

Pendidikan yang berbasis karakter dan budaya bangsa adalah pendidikan yang menerapkan prinsip-prinsip dan me- todologi ke arah pembentukan karakter anak bangsa pada peserta didiknya melalui kurikulum terintegrasi yang dikembang- kan di sekolah.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan pendidikan karakter Kristiani?

Pendidikan Karakter Kristiani adalah studi ilmu yang mempelajari tentang peran guru PAK dalam mendidik dan membangun karakter siswa berdasarkan nilai-nilai kristiani melalui pembelajaran.