Pertanyaan: Pengembangan Bidang Pendidikan Yang Sesuai Dengan Konsep Pembangunan Berkelanjutan Adalah?

Bagaimana konsep pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan?

PPB adalah pendidikan untuk mendukung praktek pembangunan berkelanjutan, artinya pendidikan yang memberi kesadaran dan kemampuan kepada semua orang (utamanya generasi mendatang) untuk berkontribusi lebih baik bagi pembanguan berkelanjutan pada masa sekarang dan yang akan datang (Sudibyo, 2008).

Bagaimana konsep pembangunan wilayah berkelanjutan?

Pembangunan berkelanjutan melakukan pembangunan untuk memenuhi kebutuhan saat ini tanpa mengorbankan kebutuhan untuk generasi di masa mendatang dengan menitikberatkan pada daya dukung lingkungan, pencapaian keadilan sosial, berkelanjutan ekonomi dan lingkungan.

Apa yang dimaksud dengan pembangunan yang berkelanjutan?

Pembangunan berkelanjutan adalah proses pembangunan (lahan, kota, bisnis, masyarakat, dsb) yang berprinsip “memenuhi kebutuhan sekarang tanpa mengorbankan pemenuhan kebutuhan generasi masa depan” (menurut Laporan Brundtland dari PBB, 1987).

Apa yang dimaksud dengan konsep pembangunan?

Pembangunan (development) adalah proses perubahan yang mencakup seluruh system sosial, seperti politik, ekonomi, infrastruktur, pertahanan, pendidikan dan teknologi, kelembagaan, dan budaya (Alexander 1994). Pembangunan adalah proses perubahan yang direncanakan untuk memperbaiki berbagai aspek kehidupan masyarakat.

You might be interested:  Jelaskan Apa Saja Jasa Guru Di Sekolah?

Bagaimana prinsip penyelenggaraan pendidikan?

Dalam UU ini penyelenggaraan pendidikan wajib memegang beberapa prinsip, yakni pendidikan diselenggarakan secara demokratis dan berkeadilan serta tidak diskriminatif dengan menjunjung tinggi hak asasi manusia, nilai keagamaan, nilai kultural, dan kemajemukan bangsa dengan satu kesatuan yang sistemik dengan sistem

Apa itu pendidikan dan pembangunan?

Pendidikan merupakan usaha ke dalam diri manusia sedangkan pembangunan merupakan usaha keluar dalam diri manusia. Pendidikan menghasilkan sumber daya tenaga yang menunjang pembangunan dan hasil pembangunan dapat menunjang pendidikan (pembinaan, penyediaan saran, dan seterusnya.

Apa yang dimaksud 3 pilar pembangunan berkelanjutan?

BOGORKOTA-Konsep pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development) lahir karena eksploitasi Sumber Daya Alam yang tidak terkendali. Konsep ini terdiri dari tiga pilar utama yakni sosial, ekonomi dan lingkungan. Menurut Iskandar, pembangunan sosial tidak boleh mengorbankan pembangunan ekonomi dan lingkungan.

Apa yang dimaksud dengan konsep pembangunan wilayah?

Pembangunan wilayah adalah upaya mencapai pembangunan berimbang (balance development). Pembangunan yang berimbang adalah terpenuhinya potensi- potensi pembangunan sesuai dengan kapasitas pembangunan setiap wilayah atau daerah yang beragam (Murry, 2000).

Faktor apa yang mendasari pembangunan wilayah berkelanjutan?

Munasinghe (1993) menjelaskan bahwa konsep pembangunan berkelanjutan memiliki tiga faktor penentu dalam pemanfaatan lahan yaitu lingkungan, sosial dan ekonomi. Setiap faktor memiliki variabel masing-masing sesuai kebutuhan dan kondisi masyarakat setempat.

Apa yang dimaksud dengan prinsip berkelanjutan?

Pembangunan berkelanjutan artinya pembangunan ekonomi yang memanfaatkan sumber daya alam dengan baik, sehingga generasi mendatang dapat melanjutkan pembangunan yang sudah dijalankan saat ini. Setiap generasi harus mewariskan lingkungan hidup yang sehat dan utuh, untuk menjamin sumber daya alam pada generasi berikutnya.

Apakah yang dimaksud pembangunan dan pembangunan berkelanjutan dan contohnya?

Pembangunan berkelanjutan adalah suatu konsep pembangunan yang tidak hanya berfokus pada pemenuhan kebutuhan saat ini, serta tanpa mengurangi, mengorbankan, dan menghancurkan keadaan lingkungan. Hal tersebut dilakukan agar generasi di masa mendatang masih mendapat lingkungan yang layak untuk ditinggali.

You might be interested:  Nama Murid Yang Dipilih Yesus Sebagai Pemimpin Para Rasul Adalah?

Apa yang dimaksud dengan pembangunan nasional yang berkelanjutan dan berkesinambungan?

Pembangunan berkelanjutan adalah pembangunan yang memenuhi kebutuhan hidup masa sekarang dengan mempertimbangkan pemenuhan kebutuhan hidup generasi mendatang. Pembangunan berkelanjutan dilaksanakan dengan prinsip kesejahteraan ekonomi, keadilan sosial, dan pelestarian lingkungan.

Apa yang dimaksud dengan perencanaan pembangunan?

Riyadi dan Bratakusumah: perencanaan pembangunan adalah suatu proses prumusan alternatif-alternatif atau keputusan–keputusan yang didasarkan pada data-data dan fakta-fakta yang akan digunakan sebagai bahan untuk melaksanakan suatu rangkaian kegiatan / aktivitas.

Apa saja konsep pembangunan nasional?

Pembangunan nasional adalah upaya untuk meningkatkan seluruh aspek kehidupan masyarakat, bangsa dan negara yang sekaligus merupakan proses pengembangan keseluruhan sistem penyelenggaraan negara untuk mewujudkan Tujuan Nasional.

Konsep itu apa sih?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, konsep berarti; pengertian, gambaran mental dari objek, proses, pendapat (paham), rancangan (cita-cita) yang telah dipikirkan.1 Agar segala kegiatan berjalan dengan sistematis dan lancar, dibutuhkan suatu perencanaan yang mudah dipahami dan dimengerti.