Sering ditanyakan: Apa Itu Landasan Pendidikan?

1 Apa yang dimaksud dengan landasan pendidikan dan berikan fungsi landasan pendidikan?

Landasan pendidikan adalah tumpuan, dasar, atau asas konseptual yang menyelubungi pendidikan secara keseluruhan. Oleh karena itu, landasan ( pendidikan ) merupakan tempat bertumpu, titik tolak atau dasar pijakan dalam melaksanakan pendidikan.

Apa saja yang menjadi landasan pendidikan?

Landasan pendidikan terdiri dari beberapa jenis, yaitu landasan filosofis, landasan sosiologis, landasan hukum, landasan kultural, landasan psilokogis, lndasan ilmiah dan ternologi, landasan ekonomi, landasan sejarah, dan landasan religius.

Apa saja fungsi landasan pendidikan?

Sebagai titik ukur kualitas pendidikan yang dimiliki suatu negara, sesuai dengan tujuan dan kebutuhannya. Sebagai perlindungan terhadap fungsi pendidikan agar sesuai pakem dan tidak disalahgunakan. Sebagai pijakan atau tolak ukur pendidik dalam melakukan praktik pendidikan.

Apa yang dimaksud dengan landasan pendidikan menurut para ahli?

Menurut UU No 2 Tahun 2003 Pasal 1 ayat 1 Dari beberapa pendapat para ahli, dapat disimpulkan bahwa landasan pendidikan adalah dasar pijakan dalam rangka praktek pendidikan dan studi pendidikan yang bertujuan untuk membentuk kecakapan fundamental secara intelektual dan emosional kearah alam dan sesame manusia.

You might be interested:  Universitas Mercu Buana Akreditasinya Apa?

Mengapa landasan pendidikan sangat penting untuk dipahami dan dilakukan di dalam pembelajaran?

Pendidikan tidak akan berjalan sebagaimana mestinya jika landasan tidak kuat atau tidak utuh. Landasan pendidikan ibarat pondasi dasar untuk membangun pendidikan sesuai kearah yang dicita-citakan bangsa tentu kita tidak ingin mencetak generasi penerus hanya dengan berpedoman pada nilai yang dihasilkan saja.

Mengapa calon guru harus mempelajari landasan pendidikan?

Manfaat landasan pendidikan adalah sebagai titik tolak atau acuan konsep, prinsip, teori bagi para pendidik ( guru ) dalam rangka melaksanakan praktik pendidikan dan studi pendidikan. Dapat lebih meyakini dan menghayati tentang konsep, prinsip, dan teori pendidikan yang dipelajarinya dalam pelaksanaan pendidikan.

Apa landasan pendidikan anti korupsi?

Berdasarkan rumusan yang ditentukan oleh komisi pemberantasan korupsi (KPK), ada sembilan nilai dasar yang perlu ditanamkan dan diperkuat melalui pelaksanaan pendidikan Anti Korupsi di sekolah, yaitu nilai kejujuran, adil, berani, hidup sederhana, tanggung jawab, disiplin, kerja keras, hemat dan mandiri.

Manakah yang paling utama sebagai landasan pendidikan?

Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945.

Seperangkat asumsi tentang kehidupan manusia apa adanya yang dijadikan titik tolak pendidikan disebut?

Landasan deskriptif pendidikan adalah asumsi – asumsi tentang kehidupan manusia sebagai sasaran pendidikan apa adanya (Dasein) yang dijadikan titik tolak dalam rangka pendidikan. Landasan deskriptif pendidikan umumnya bersumber dari hasil riset ilmiah dalam berbagai disiplin ilmu.

Bagaimana misi utama mata kuliah Landasan pendidikan pada tenaga kependidikan?

Misi utama mata kuliah landasan – landasan pendidikan dalam pendidikan tenaga kependidikan tidak tertuju kepada pengembangan aspek keterampilan khusus mengenai pendidikan sesuai spesialisasi jurusan atau program pendidikan, melainkan tertuju kepada pengembangan wawasan kependidikan, yaitu berkenaan dengan berbagai asumsi

You might be interested:  Universitas Yang Ada Jurusan Fisika Medis?

Apa yang dimaksud dengan landasan religius pendidikan?

Macam-macam Nilai Religius Landasan religius dalam pendidikan merupakan dasar yang bersumber dari agama. Tujuan dari landasan religius dalam pendidikan adalah seluruh proses dan hasil dari pendidikan dapat mempunyai manfaat dan makna hakiki.

Jelaskan apa yang dimaksud landasan pendidikan sebagai proses pembentukan pribadi?

Pendidikan sebagai proses pembentukan pribadi. Sebagai pembentukan pribadi, pendidikan diartikan menjadi kegiatan yang sistematis dan sistemik. Terarah kepada terbentuknya kepribadian peserta didik. Dikatakan sistematis karena proses pendidikan berlangsung melalui tahaptahap kesinambungan prosedural.

Apa fungsi dari landasan yuridis pendidikan di Indonesia?

Berdasarkan kelima peratuan perundang-undangan tentang pendidikan di Indonesia tersebut dapat disimpulkan bahwa, fungsi landasan yuridis atau landasan hukum pendidikan di Indonesia sebagai dasar pijakan atau titik tolak praktek pendidikan dan atau studi pendidikan yang mengikat setiap manusia didalamnya dalam