Tanya pembaca: Apa Yang Dimaksud Pendidikan Kewarganegaraan Dan Hal Yang Melandasinya?

Jelaskan apa yang dimaksud dengan Pendidikan Kewarganegaraan dan tujuan dari Pendidikan Kewarganegaraan?

Pengertian Pendidikan Kewarganegaraan adalah pendidikan politik yang bertujuan demi membantu peserta didik agar mejadi seorang warga negara yang memiliki pengetahuan politik secara dewasa serta mampu berpartisipasi dalam membangun sistem politik yang demokratis.

Apa tujuan dari Pendidikan Kewarganegaraan?

Pendidikan kewarganegaraan diberikan agar mahasiswa memiliki rasa kebangsaan dan cinta tanah air, demokratis, berkeadaban, berdaya saing, disiplin dan berpartisipasi aktif dalam pembangunan nasional guna mewujudkan tujuan nasional yang tertuang dalam pembukaan UUD 1945.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan Pendidikan Kewarganegaraan?

Berbeda dengan pendapat di atas, pendidikan kewarganegaraan didefinisikan sebagai mempersiapkan kaum muda (siswa) untuk menjadi warga negara yang memiliki pengetahuan, keterampilan, dan nilai-nilai yang diperlukan untuk berpartisipasi aktif dalam komunitas mereka (Samsuri, 2011: 28).

Apa saja yang menjadi landasan dari Pendidikan Kewarganegaraan?

Landasan pendidikn kewarganegaraan meliputi landasan filosofis, landasan teoritis, landasan histori, landasan sosiologi, dan landasan yuridis. Pendidikan kewarganegaraan dimaksudkan untuk membentuk peserta didik menjadi manusia yang memiliki rasa kebangsaan dan cinta tanah air.

You might be interested:  Cara Mengajar Al Quran Yang Menarik?

Bagaimana pendapat sumantri tentang Pendidikan Kewarganegaraan?

Menurut Nu’man Soemantri (2001: 54) pendidikan kewarganegaraan adalah pendidikan yang berintikan demokrasi politik, yang diperluas dengan sumber-sumber pengetahuan lainnya, positif influence pendidikan sekolah, masyarakat, orang tua, yang kesemuanya itu diproses untuk melatih pelajar-pelajar berfikir kritis, analitis,

Bagaimana pendapat Somantri tentang Pendidikan Kewarganegaraan?

Mengacu pada pendapat Muhammad Nu’man Somantri (2001:299) disampaikan bahwa pendidikan kewarganegaraan merupakan program pendidikan yang dasarnya adalah demokrasi politik, diperluas dengan sumber-sumber pengetahuan lainnya, pengaruh positif dari pendidikan sekolah, masyarakat dan orang tua diproses guna melatih para

Apa tujuan PKn menurut Sapriya?

Sedangkan menurut Sapriya (2001), tujuan PKn adalah partisipasi yang penuh nalar dan tanggung jawab dalam kehidupan politik dari warga negara yang taat kepada nilai-nilai dan prinsip-prinsip dasar demokrasi konstitusional Indonesia.

Apa manfaat dan pentingnya pendidikan kewarganegaraan bagi mahasiswa brainly?

Pendidikan kewarganegaraan mengajarkan mahasiswa untuk mampu memahami dan melaksanakan hak dan kewajiban secara sopan santun, jujur, dan demokratis serta ihklas sebagai warga negara terdidik dalam kehidupannya selaku warganegara Republik Indonesia yang bertanggung jawab bersama.

Apa kegunaan dan faedah mempelajari ilmu pendidikan kewarganegaraan?

2. Dengan mempelajari pelajaran kewarganegaraan dapat memotivasi kita untuk memiliki sifat nasionalisme dan patriotisme yang tinggi. Artinya yaitu setelah mengerti peran dan keadaan negara, kita seharusnya menjadi warga negara yang lebih cinta pada tanah air dan rela berkorban demi bangsa dan negara.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan pendidikan?

Baiklah langsung saja kita paparkan beberapa pengertian pendidikan menurut beberapa sumber. Secara bahasa definisi pendidikan adalah proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusiamelalui upaya pengajaran dan pelatihan.

You might be interested:  Tanya pembaca: Faktor Yang Mempengaruhi Manajemen Pendidikan?

Apa saja landasan dari pendidikan Pancasila?

Terdapat empat landasan pendidikan Pancasila yaitu landasan historis, landasan kultural, landasan yuridis, dan landasan filosofis.

Apa landasan mata kuliah pendidikan kewarganegaraan diberikan terhadap mahasiswa di perguruan tinggi?

Landasan ideal Pendidikan Kewarganegaraan yang sekaligus menjadi jiwa dikembangkannya Kewarganegaraan adalah Pancasila. Dalam sistematikanya dibedakan menjadi tiga hal, yaitu: Pancasila sebagai dasar negara, Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa dan Pancasila sebagai ideologi negara.

Dasar hukum apa saja yang melandasi penyelenggaraan pendidikan pancasila di perguruan tinggi?

Dalam rangka menumbuhkan kesadaran dalam mempertahankan keutuhan bangsa dan tanah air Indonesia, maka pendidikan pancasila dibutuhkan di perguruan tinggi dengan landasan yuridis Undang-Undang Dasar 1945 pasal 31 ayat 1 yang isinya bahwa setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan.