Mengapa Kita Harus Menerima Keragaman Indonesia?

karena selogan indonesia sendiri adalah ‘BHINEKA TUNGGAL IKA” yg artinya berbeda’ tetapi tetap satu,maka dari itu kita semua sebagai warga negara republik indonesia harus menghargai dan menerima keberagaman masyarakat indonesia.
Dengan memepelajari budaya lain, maka kita akan mengerti aneka ragam budaya Indonesia yang tersimpan suatu hal yang unik dan juga menjadi suatu ciri khas Indonesia yang patut dibanggakan. Menjadikan keberagaman sebagai suatu kebanggaan Keberagaman adalah suatu kekayaan suatu negara yang tak ada batasnya dan juga patut dibanggakan.

Contents

Mengapa kita diwajibkan untuk menghargai perbedaan itu sebagai sebuah keniscayaan?

Kita diwajibkan untuk menghargai perbedaan itu sebagai sebuah keniscayaan. Bangsa Indonesia adalah bangsa majemuk yang memiliki begitu banyak perbedaan. Bangsa Indonesia tidak akan bisa bersatu apabila sesama warga negara tidak saling menghormati dan menghargai perbedaan-perbedaan tersebut.

You might be interested:  Jurusan Yang Ada Di Universitas Pamulang?

Mengapa kita harus menghargai perbedaan?

Perbedaan itu terdiri dari perbedaan agama dan keyakinan, suku bangsa, bahasa, budaya, gaya hidup, bahkan status sosial. Namun, semestinya perbedaan itu bukanlah suatu alasan untuk tidak menghormati dan menghargai satu sama lain, apalagi dijadikan alasan permusuhan. Kita diwajibkan untuk menghargai perbedaan itu sebagai sebuah keniscayaan.

Bagaimana sikap terhadap keberagaman Suku bangsa di Indonesia?

Sikap terhadap keberagaman suku bangsa di Indonesia dapat dilakukan sebagai berikut: Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu. Menghargai perbedaan, salah satunya menggunakan bahsa Indonesia dengan teman yang memiliki bahasa daerah yang berbeda dengan kita.

Bagaimana keragaman budaya Indonesia?

Sebagai salah satu bagian dari bangsa-bangsa seluruh dunia, Indonesia merupakan negara yang memelihara keragaman budayanya dengan baik. Salah satu keragaman budaya Indonesia yang telah diakui dunia adalah pencak silat, gamelan, keris, batik, subak, dan juga perahu pinisi.

Mengapa kita harus menerima keberagaman masyarakat Indonesia?

Jawaban: Kita harus menerima keberagaman masyarakat Indonesia karena kita tinggal dinegara yang memiliki banyak keberagaman agama, suku, kebudayaan yang disatukan dengan semboyan Bhineka Tunggal Ika yang berarti berbeda beda tetapi tetap satu jua. Tanpa persatuan kita tidak bisa menjadi bangsa yang besar ini.

Mengapa kita harus menerima keanekaragaman budaya sebagai bagian dari budaya bangsa?

Keberagaman budaya menciptakan identitas bagi suatu bangsa. Identitas tersebut akan membuat bangsa semakin dikenal di mata dunia. Keberagaman budaya bermanfaat untuk memperkaya kebudayaan nasional. Sebagai contoh Indonesia, yang dari Sabang sampai Merauke, mempunyai kebudayaan khas di tiap daerahnya.

Mengapa kita harus menerima keberagaman yang ada didalam keluarga?

agar tidak terjadi perpecahan dalam keluarga.

Mengapa kita harus menerima keragaman suku bangsa dan budaya lingkungan sekolah?

Manfaat menghormati keberagaman di sekolah adalah sebagai berikut di sekolah dan masyarakat adalah sebagai berikut: Mempererat hubungan tali persaudaraan antarsesama siswa. Tercipta kerukunan, sehingga kehidupan negara Indonesia ini aman, damai, dan tentram.

1 Apa yang dimaksud dengan keberagaman dalam kehidupan masyarakat?

Keberagaman adalah suatu kondisi dalam masyarakat yang terdapat banyak perbedaan dalam berbagai bidang. Keberagaman berarti memahami bahwa setiap individu memiliki keunikan masing-masing dan mengakui perbedaan individu lainnya.

You might be interested:  Jawaban Cepat: Bagaimana Kamu Menciptakan Kerukunan Saat Di Rumah Sekolah Dan Masyarakat?

Apa sikap yang harus kita dilakukan terhadap keberagaman yang ada di Indonesia?

– Menghargai dan menghormati adanya perbedaan di masyarakat. – Membantu orang lain tanpa melihat perbedaan. – Menghormati setiap agama yang ada di Indonesia, dan saling membantu ketika salah satu agama merayakan hari besar keagamaan. – Tidak mengganggu kegiatan beragama umat lain.

Apa sikap yang harus kita lakukan terhadap keberagaman yang ada di Indonesia?

Contoh Sikap Menghargai Keberagaman di Indonesia

  • Saling menghormati orang yang berbeda agama dan suku.
  • Turut menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan.
  • Membina kerukunan dengan tetangga, saling menghargai, dan menghormati.
  • Mengutamakan kepentingan umum dibanding kepentingan pribadi dan golongan.
  • Kita harus menerima keberagaman budaya sebagai bagian budaya bangsa apa yang dapat kita lakukan untuk mewujudkan hal ini?

    Jawaban: Dapat diwujudkan dalam bentuk: kita harus saling menghargai suku-suku, agama, tradisi, adat istiadat, rasa, dll yang berbeda-beda tersebut karena pada dasarnya kita adalah satu. seperti yang tertuang dalam semboyan bhinneka tunggal jika. walaupun berbeda-beda, tetapi kita tetap satu bangsa indonesia.

    Mengapa keragaman budaya di Indonesia dimaknai sebagai kekayaan bangsa?

    Jawaban: karena sumber kekayaan bangsa Indonesia yang melimpah dapat meningkatkan devisa negara sehingga Indonesia dikenal sebagai bangsa yang kaya akan keragaman budaya adat istiadat dan lainnya selain itu hal ini juga memicu turis datang untuk berkunjung ke Indonesia karena keunikan Indonesia tersebut.

    Mengapa keanekaragaman bangsa Indonesia dapat memperkaya budaya bangsa dan memperkokoh rasa persatuan dan kesatuan bangsa?

    Karena dengan terdapatnya keragaman budaya di Indonesia, baik beragamnya agama,suku bangsa ataupun ras, maka akan memperkokoh persatuan bangsa, karena : 1. Terjadinya toleransi terhadap orang lain. 2. Terjalinnya komunikasi kepada orang lain tersebut.

    Apa saja bentuk keberagaman dalam keluarga?

    Contoh perbedaan yang ada di rumah seperti perbedaan kebiasaan, karakter atau sifat, kegemaran, dan lain-lain. Salah satu contoh keberagaman di rumah yaitu perbedaan makanan kesukaan anggota keluarga masing-masing.

    Apa saja keragaman antar anggota keluarga?

    Perbedaan inilah yang menjadikan keberagaman termasuk anggota keluarga di rumah. Contoh perbedaan anggota keluarga di rumah seperti perbedaan kebiasaan, karakter atau sifat, kesukaan hingga kegemaran. Salah satu contoh keberagaman di rumah yaitu perbedaan makanan kesukaan anggota keluarga masing-masing.

    You might be interested:  Mengapa Indonesia Lama Dijajah?

    Apa saja keragaman individu di keluargamu?

    Keberagaman di lingkungan keluarga merupakan sebuah unsur perbedaan yang terdapat di dalam keluarga sendiri, seperti perbedaan tempat lahir, perbedaan suku dan ras, jenis kelamin, perbedaan selera makan, perbedaan kemampuan, perbedaan pendidikan, perbedaan hobi dan kebutuhan hidup.

    Mengapa kita harus menanamkan sikap saling menghargai suku bangsa dan budaya di Indonesia?

    Penjelasan: Kita harus menanamkan sikap menghargai suku bangsa dan budaya Indonesia agar todak terjadinya rasisme yang menyebabkan perpecahan bangsa.

    Bagaimana cara agar persatuan dan kesatuan bangsa dapat terwujud meskipun terdapat keberagaman suku bangsa dan budaya?

    Contoh sikap memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa dapat dilakukan dengan:

    1. Menanamkan gotong royong.
    2. Menanamkan sifat tolong menolong.
    3. Otonomi daerah.
    4. Menanamkan sifat kekeluargaan.
    5. Musyawarah dalam pengambilan keputusan.
    6. Kerjasama antar umat beragama yang berbeda.
    7. Tidak membeda-bedakan suku, agama, dan ras.

    Mengapa kita perlu mempelajari kebudayaan suku bangsa lain?

    1. dapat mengetahui macam-macam budaya yg ada di Indonesia. 2. menambah wawasan kebudayaan. 3. ikut melestarikan budaya agar tidak luntur/punah.

    Mengapa bangsa Indonesia perlu menghargai keberagaman?

    Keanekaragaman yang dimiliki bangsa Indonesia merupakan kekayaan dan keindahan bangsa. Untuk menghargai keberagaman perlu dikembangkan sikap saling menghargai terhadap nilai-nilai dan norma sosial yang berbeda-beda dari anggota masyarakat, tidak mementingkan kelompok, ras, etnik atau kelompok agamanya.

    Mengapa kita harus menghargai keberagaman?

    Untuk menghargai keberagaman kita dapat mempelajari budaya daerah lain. Dengan mempelajari budaya daerah lain kita dapat mengetahui kita bisa mengetahui cara hidup suku lain. Beraneka ragamnya kebudayaan ini disebabkan karena adanya faktor geografis yang berbeda di setiap pulaunya, sehingga menimbulkan pola pikir dan pola kehidupan yang berbeda

    Apa saja bentuk keberagaman di Indonesia?

    Ada beberapa bentuk keberagaman di Indonesia, mulai dari keberagaman suku, keberagaman agama, keberagaman ras, dan juga keberagaman anggota golongan. Indonesia adalah negara kepulauan. Dari geografis yang berbeda-beda tersebut, Indonesia memiliki banyak sekali suku.

    Bagaimana gambaran Keberagaman bangsa Indonesia?

    Gambaran keberagaman bangsa Indonesia dapat kita lihat dari ras, dan suku dengan memperhatikan warna kulit, bentuk rambut dan lain lain.