Mengapa Sumber Lisan Penting?

Mengingat keterbatasan sumber-sumber tertulis itu, maka di Indonesia telah dikembangkan oleh Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) Jakarta dengan menggalakkan penggunaan sumber lisan untuk dijadikan sebagai sumber pelengkap dalam penelitian sejarah, sehingga dikenal dengan sumber sejarah lisan (oral history).

Contents

Apa yang dimaksud dengan sumber lisan?

Sumber lisan adalah merangkap sumber primer, sekunder, tertier atau sebagainya bergantung kepada tahap autoriti seseorang responden. Contohnya sekiranya kajian sejarah adalah bertemakan peperangan, individu yang terlibat dalam peperangan tersebut adalah sumber primer.

Mengapa sumber lisan terpinggirkan sebagai sumber sejarah?

Terpinggirkannya sumber lisan sebagai sumber sejarah bisa jadi dikarenakan rekonstruksi sejarah seakan selalu memerlukan bukti yang dapat dilihat dan diraba. Kenyataan ini tidak pelak lagi merupakan salah satu kelemahan sumber lisan.

Apakah sumber lisan termasuk sumber sejarah?

Sumber lisan sebagai salah satu sumber sejarah dalam prakteknya seringkali terpinggirkan, terutama manakala sumber tertulis tersedia cukup memadai ketika rekonstruksi sejarah akan dilakukan.

You might be interested:  Cara Pindah Kampus Dengan Jurusan Yang Sama?

Mengapa sumber lisan kurang akurat?

Keterbatasan sumber lisan lebih disebabkan oleh faktor manusia sebagai sumber seperti faktor usia dan faktor daya ingat. Keterbatasan yang dimiliki oleh tokoh yang kita wawancarai tersebut akan membuat sumber inforamsi yang kita butuhkan menjadi kurang akurat.

Mengapa sejarah lisan penting?

Sejarah lisan diperlukan untuk merekonstruksi sejarah Indonesia kontemporer, penggunaan teknik sejarah lisan sangat penting. Sebab para pelaku sejarah yang masih hidup, dapat melengkapi khasanah sumber- sumber sejarah sebagai modal bagi penulisan sejarah dan penelusuran sumber sejarah.

Mengapa sumber lisan bisa menjadi sumber penting untuk mendapatkan fakta sejarah?

Tradisi lisan banyak dijumpai dimasa lampau, karena manusia dimasa lampau belum mengenal tulisan seperti saat ini. Selain tulisan, manusia masa lampau belum mengenali adat istiadat, kepercayaan, nilai-nilai, atau pengalaman sehari-hari. Tradisi lisan memiliki tempat sendiri diantara berbagai jenis sumber sejarah.

Aspek apa saja yang harus diperhatikan saat menggunakan sumber lisan?

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam penelitian sejarah yang menggunakan sumber sejarah lisan adalah….

  • judul dari penelitian sejarah.
  • kesaksian narasumber beragam.
  • kemungkinan kesaksian narasumber palsu.
  • pengumpulan data menggunakan komunikasi dua arah.
  • sumber sejarah lisan lebih lengkap daripada sumber tertulis.
  • Apa kelebihan dan kekurangan dari sumber sejarah lisan?

    kelebihan sumber lisan yakni, pengumpulan data dengan komunikasi 2 arah, melengkapi keterangan dokumen, serta data yang diperoleh tidak hanya mencakup kisah sejarah. Kekurangan sumber lisan yakni, subyektifitas yang tinggi dan keterbatasan daya ingat.

    Apakah sejarah lisan dapat digunakan sebagai sumber sejarah?

    Karena sejarah lisan dapat digunakan sebagai sumber sejarah dalam sebuah penelitian. Sejarah lisan didapatkan melalui wawancara seorang tokoh maupun saksi sejarah dari sebuah peristiwa. Tokoh maupun saksi sejarah inilah yang kemudian disebut sebagai sumber lisan.

    Jelaskan apa yang dimaksud dengan sejarah lisan?

    Sejarah lisan memiliki arti yang khas yang bertanggung jawab, yaitu : ‘Sumber sejarah yang dilisankan oleh manusia pengikut atau yang menjadi saksi akan adanya peristiwa sejarah pada zaman- nya’. Si pelisan benar-benar mengeta- hui, mengikuti kejadian masa lampau yang diceriterakan, dengan penuh tang- gung jawab atas

    You might be interested:  Universitas Yang Memiliki Jurusan Kedokteran Gigi?

    Bagaimanakah peran sumber lisan penulisan sejarah sejarah?

    Jawaban: peran sumber lisan penulisan sejarah adalah sangat penting. karena sumber lisan memainkan peranan yang besar dalam memelihara dan menambahkan sumber-sumber yang ada. sumber lisan dapat diperoleh dengan cara wawancara pada tokoh-tokoh yang terkait dengan sejarah tersebut.

    Apakah kelebihan sumber lisan sejarah dibandingkan dengan sumber tertulis?

    1.Kelebihan sumber lisan yaitu pengumpulan data dapat dilakukan dengan adanya komunikasi dari dua arah, penulisan sejarah menjadi lebih terbuka untuk mencari informasi, melengkapi kekurangan informasi yang belum termuat dalam sumber tulisan.

    Mengapa sumber lisan memiliki keterbatasan dibanding sumber tertulis?

    Kekurangan-kekurangan sumber lisan, antara lain: Cenderung bersifat subjektif karena berpengaruh dengan emosi dan perasaan penutur. Memiliki kecenderungan untuk memperbesar peranan atau menutupi kekurangannya. Terbatasnya daya ingat seorang penutur sejarah, dapat membuat kisah sejarah yang dituturkan tidak valid.

    Mengapa penting membicarakan dan membahas tradisi lisan?

    Tradisi lisan memiliki peran penting dalam mengatur tatanan hidup masyarakat. Nilai-nilai hidup, pola perilaku, dan karakter seseorang terbentuk berdasarkan tradisi yang berlaku di lingkungannya.

    Mengapa penting melestarikan tradisi lisan?

    Tradisi Lisan memungkinkan suatu masyarakat untuk menyampaikan pengetahuan lintas generasi. Tradisi lisan ini membantu orang memahami dunia di sekitar masyarakat mereka tinggal, dan digunakan untuk mengajar anak-anak tentang aspek-aspek penting dari budaya mereka.

    Apakah tradisi lisan dapat dijadikan sebagai sarana untuk mengungkapkan sejarah?

    Pada cara ini, maka mungkinlah suatu masyarakat dapat menyampaikan sejarah lisan, sastra lisan, hukum lisan dan pengetahuan lainnya ke generasi penerusnya tanpa melibatkan bahasa tulisan. Sehingga, tradisi lisan harus dilestarikan karena tradisi lisan merupakan salah satu sumber sejarah.

    Tuliskan langkah langkah yang harus dilakukan sebelum melakukan penelitian sejarah lisan?

    Langkah langkah penelitian sejarah lisan

    1. menentukan topik.
    2. heuristik.
    3. verifikasi.
    4. interpretasi.
    5. historiografi.

    Apa saja yang termasuk sumber lisan?

    Contoh sumber lisan :

  • Keterangan langsung dari anggota Legiun Veteran Republik Indonesia terkait sejarah Serangan Umum.
  • Orang dekat Soekarno yang menceritakan bagaimana perilaku Soekarno semasa hidupnya.
  • Para saksi mata pada perang di era kemerdekaan banyak menceritakan kisah-kisah peperangan berdasarkan pengalamannya.
  • You might be interested:  Jawaban Cepat: Siapakah Yang Membuat Laporan Kegiatan Pameran Di Sekolah?

    Bagaimana cara membuktikan kebenaran dan kredibilitas sumber lisan?

    Untuk menilai kredibilitas dan validitas dari sumber lisan adalah dengan cara:

    1. Adanya seleksi individu untuk diwawancarai guna memperoleh informasi yang akurat (maksudnya kedudukan orang tersebut dalam suatu peristiwa, sebagai pelaku utama, informan, atau saksi).
    2. Harus ada pendekatan kepada orang yang diwawancarai.

    Apa kekurangan dari penelitian sejarah lisan?

    Informasi dari saksi sejarah tidak diketahui kebenaranya, apakah dia jujur atau berbohong. Sudut pandang yang berbeda dari saksi sejarah. Sumber sejarah lisan tidak memiliki bukti, karena hanya kata – kata saja.

    Apa saja kelebihan dan kekurangan sumber sejarah tulisan?

    Kelebihan dan kekurangan sumber tertulis dalam sejarah adalah kelebihan dari sumber tertulis yaitu lebih mudah dipahami dan dapat dibaca apabila dibutuhkan sedangkan kelemahan dari sumber tertulis yaitu tidak diceritakan secara sebenarnya oleh narasumber sehingga terjadi perdebatan.

    Apa kelebihan dan kekurangan fosil?

    Kelebihan fosil adalah dapat memahami sejarah dari lapisan batuan di bumi dan bisa dipajang untuk menarik minat masyarakat untuk datang ke museum. Kekurangan fosil adalah dengan memakan waktu yang lama dan biaya yang besar untuk proses penggalian.

    Apa yang dimaksud dengan sumber lisan?

    Sumber lisan adalah merangkap sumber primer, sekunder, tertier atau sebagainya bergantung kepada tahap autoriti seseorang responden. Contohnya sekiranya kajian sejarah adalah bertemakan peperangan, individu yang terlibat dalam peperangan tersebut adalah sumber primer.

    Mengapa sumber lisan terpinggirkan sebagai sumber sejarah?

    Terpinggirkannya sumber lisan sebagai sumber sejarah bisa jadi dikarenakan rekonstruksi sejarah seakan selalu memerlukan bukti yang dapat dilihat dan diraba. Kenyataan ini tidak pelak lagi merupakan salah satu kelemahan sumber lisan.

    Apakah sumber lisan termasuk sumber sejarah?

    Sumber lisan sebagai salah satu sumber sejarah dalam prakteknya seringkali terpinggirkan, terutama manakala sumber tertulis tersedia cukup memadai ketika rekonstruksi sejarah akan dilakukan.

    Apakah sumber lisan dapat diperoleh melalui sejarah lisan dan tradisi lisan?

    Menurut Pranoto, (2014:32), sumber lisan dapat diperoleh melalui sejarah lisan dan tradisi lisan. Untuk sejarah lisan dan tradisi lisan merupakan dua penjelasan yang berbeda. Tradisi lisan itu terbatas di dalam kebudayaan lisan dari masyarakat yang belum mengenal tulisan.